Taliban Rebut Distrik Utama di Luar Ibu Kota Afghanistan

Rabu, 12 Mei 2021 - 16:38 WIB
loading...
A A A
Penguasaan Nerkh terjadi setelah Taliban dan pemerintah Afghanistan setuju untuk melaksanakan gencatan senjata tiga hari untuk menandai liburan Idul Fitri yang dimulai pada hari Kamis.



Gencatan senjata di masa lalu telah diadakan secara luas dalam apa yang sebagian besar dianggap sebagai latihan oleh kepemimpinan Taliban untuk membuktikan bahwa mereka memiliki kendali yang kuat atas berbagai faksi di seluruh negeri yang membentuk gerakan jihadis.

Kekerasan telah meningkat di seluruh provinsi, terutama di selatan, sejak AS melewatkan tenggat waktu 1 Mei yang disepakati dengan Taliban untuk menarik pasukannya yang terakhir.

"Militer AS sejauh ini telah menyelesaikan antara enam dan 12 persen dari penarikan terakhirnya," kata Pentagon.



Meskipun Taliban telah menghindari keterlibatan pasukan Amerika, serangan terhadap pemerintah dan sasaran sipil belum berhenti.

Ribuan penduduk di Helmand mengungsi karena bentrokan, yang membuat militer AS dipanggil untuk membela pasukan Afghanistan.

Dalam kekerasan terbaru yang mengguncang Kabul, lebih dari 50 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka di distrik barat Ibu Kota ketika tiga bom meledak di luar sekolah perempuan pada hari Sabtu.

Itu adalah serangan paling mematikan dalam lebih dari setahun dan terjadi saat penduduk berbelanja menjelang Idul Fitri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)