Taliban Afghanistan Gencatan Senjata 3 Hari Selama Idul Fitri

loading...
Taliban Afghanistan Gencatan Senjata 3 Hari Selama Idul Fitri
Seorang siswi yang terluka dibawa ke rumah sakit setelah ledakan di Kabul, Afghanistan, 8 Mei 2021. Foto/REUTERS
KABUL - Kelompok Taliban Afghanistan pada hari Senin (10/5/2021) mengumumkan gencatan senjata tiga hari di seluruh Afghanistan untuk merayakan Idul Fitri pekan ini.

Pengumuman itu disampaikan hanya dua hari setelah Taliban disalahkan atas serangan bom di luar sekolah di ibu kota yang menewaskan lebih dari 50 orang, kebanyakan gadis muda.

Baca juga: Indonesia Kerahkan 'Pasukan Setan', Benny Wenda 'Merengek' pada Dunia

Kementerian Dalam Negeri melaporkan hari Senin bahwa sedikitnya 11 orang tewas setelah bom menghantam sebuah bus di provinzi Zabul. Serangan bom ini terjadi beberapa jam sebelum Taliban mengumumkan gencatan senjata.

Pengumuman gencatan senjata datang ketika Amerika Serikat terus menarik 2.500 tentara terakhirnya dari negara yang dilanda kekerasan itu meskipun ada upaya yang goyah antara Taliban dan pemerintah Afghanistan untuk mengakhiri perang selama beberapa dekade.

"Mujahidin Imarah Islam diperintahkan untuk menghentikan semua operasi ofensif terhadap musuh di seluruh negeri dari hari pertama hingga hari ketiga Idul Fitri," bunyi sebuah pernyataan yang dirilis oleh Taliban.



"Tetapi jika musuh melakukan serangan atau serangan apa pun terhadap Anda selama hari-hari ini, bersiaplah untuk dengan kuat melindungi dan mempertahankan diri Anda dan wilayah Anda," imbuh Taliban, seperti dikutip AFP.

Perayaan Idul Fitri menandai berakhirnya bulan Ramadhan. Taliban mengumumkan gencatan senjata serupa tahun lalu untuk menandai hari raya umat Islam tersebut.

Pemerintah Afghanistan biasanya membalas dengan mengumumkan gencatan senjata.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top