Penarikan Pasukan Adalah 'Kekalahan Strategis' AS di Afghanistan

Minggu, 09 Mei 2021 - 23:00 WIB
loading...
Penarikan Pasukan Adalah Kekalahan Strategis AS di Afghanistan
Ilustrasi
A A A
KABUL - Amerika Serikat (AS) secara resmi memulai penarikan terakhir pasukannya dari Afghanistan pada tanggal simbolis, 1 Mei silam. Penarikan dilakukan setelah dua dekade "darah dan harta karun". Ini juga, menurut para ahli adalah "kekalahan strategis" AS di negara itu.

Setelah 20 tahun pertumpahan darah, kematian lebih dari 2.300 prajurit AS dan pengeluaran anggaran militer yang sangat besar - sekitar USD 2 triliun - Presiden AS, Joe Biden pada akhirnya memutuskan pada pertengahan April untuk menghentikan perang yang tampaknya tak berujung tersebut.



Pemimpin AS itu berjanji untuk menyelesaikan penarikan pasukan pada tanggal yang penuh arti bagi orang Amerika - peringatan 20 tahun serangan 9/11, yang memicu Perang Melawan Teror yang diumumkan oleh mantan Presiden George W. Bush.

Raghav Sharma, seorang profesor dan direktur Pusat Studi Afghanistan di Universitas Global O. P. Jindal menuturkan, penarikan pasukan AS dari Afghanistan bisa disebut sebagai "kekalahan strategis".

"Dengan AS telah mengumumkan jadwal pasti untuk menarik pasukan pada 11 September 2021, Taliban memiliki sedikit insentif untuk terlibat dalam negosiasi serius atau berarti dengan pemerintah yang dipandang lemah baik secara militer maupun dalam hal politiknya. legitimasi," ucapnya, seperti dilansir Sputnik.



Menurut Sharma, perpecahan dalam barisan elit politik di Kabul hanya memperburuk keadaan. "Taliban, sebaliknya, telah berhasil tidak hanya menunjukkan kekompakan tetapi juga untuk mengekstraksi sejumlah konsesi dari AS menjelang perjanjian perdamaian, seperti pembebasan ribuan tahanannya, banyak di antaranya telah kembali. di garis depan, sementara itu hanya memberikan sedikit balasan," ungkapnya.

Dia ingat bahwa Biden, sebagai Wakil Presiden pada masa pemerintahan Barack Obama, bukanlah pendukungdari gelombang militer.

Sharma percaya bahwa keputusan Biden menarik pasukan Afghanistan adalah sesuatu yang sudah diprediksi dan pertanyaannya bukanlah tentang "jika" tetapi "kapan", dan bagaimana hal itu akan terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)