Corona Mewabah, Kim Jong-un Bakal Sering 'Menghilang'

Jum'at, 22 Mei 2020 - 15:02 WIB
loading...
A A A
Mengutip seorang pejabat pemerintah Korsel yang tidak disebutkan namanya, surat kabar JoongAng Ilbo melaporkan Kim Jong-un mungkin menjalankan tugasnya dari villa yang disukai di Wonsan, di pantai.

Tetapi pemimpin Korut itu mungkin juga hanya fokus pada beberapa tujuan ekonomi dan politik dalam negeri yang dia uraikan sebelum krisis virus Corona. Hal itu dikatakan oleh Rachel Minyoung Lee, seorang mantan analis intelijen sumber terbuka Korea Utara di pemerintahan AS.

"Covid memang tetap menjadi perhatian utama bagi negara itu, tetapi liputan media negara tentang Covid telah menurun selama sekitar sebulan terakhir, jadi saya tidak melihat meningkatnya kekhawatiran rezim," ujarnya.

Jumat ini menandai tiga minggu sejak media pemerintah Korut terakhir menunjukkan gambar Kim Jong-un menghadiri acara publik. (Baca: Dikabarkan Kritis Hingga Meninggal, Ini Foto Penampakan Kim Jong-un )

Media pemerintah Korut melaporkan Kim Jong-un menghadiri upacara pembukaan sebuah pabrik pupuk pada 1 Mei. Penampilan itu menandai kebangkitan kembali Kim, yang ketidakhadirannya dalam libur nasional pada 15 April di mana tidak pernah terjadi sebelumnya telah memicu spekulasi internasional selama berminggu-minggu mengenai kesehatan dan keberadaannya. (Baca: Hilang Tiga Minggu, Kim Jong-un Kembali Tampil Dihadapan Publik )

Selama itu, media pemerintah Korut menurunkan berita tentang Kim Jong-un mengirim atau menerima surat dan korespondensi diplomatik, tetapi tidak menunjukkan dia menghadiri acara-acara publik.

Hilangnya diktator muda Korut itu dari hadapan publik palim lama adalah selama 40 hari pada tahun 2014. Agen mata-mata Korsel kemudian mengatakan Kim telah menjalani prosedur medis di pergelangan kakinya selama waktu itu.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)