Rusia: Alasan Barat Usir Diplomat Kami Sulit Dipahami

Rabu, 28 April 2021 - 17:38 WIB
loading...
Rusia: Alasan Barat Usir Diplomat Kami Sulit Dipahami
Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva menuturkan, pihaknya sulit memahami alasan negara-negara Barat mengusir diplomat Rusia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva menuturkan, pihaknya sulit memahami alasan negara-negara Barat mengusir diplomat Rusia. Ceko, Amerika Serikat (AS), Italia dan beberapa negara Eropa lainnya diketahui memutuskan untuk mengusir diplomat Rusia, dengan berbagai alasan.

"Tidak ada alasan yang jelas untuk melakukan itu. Karena alasan yang telah dipilih, contohnyaoleh Ceko, nah memang sangat sulit untuk mengomentarinya, karena itu untuk hal yang terjadi tujuh tahun yang lalu," ujarnya pada Rabu (28/4/2021).

Dia menuturkan, selama ini tidak pernah ada petunjuk dari Ceko bahwa Rusia entah bagaimana terlibat dalam insiden ledakanyang terjadi tujuh tahun lalu tersebut.

"Jadi mengapa memilih dalih ini sekarang dan mengapa mengeluarkan diplomat Rusia atas insiden ini, sungguh Anda tahu, sulit untuk dijelaskan dengan cara yang logis," ungkapnya.

"Satu-satunya penjelasan adalah bahwa telah ada campur tangan dari luar, dari Amerika Serikat (AS) dan tekanan keCeko untuk melakukannya karena berbagai alasan," sambungnya.

Diplomat senior Rusia itu menyebut, salah satualasan yang terlintas dalam pikiran adalah persaingan tidak adil itu.

Dia mengatakan, Ceko memiliki proyek untuk renovasi fasilitas nuklir yang mereka miliki dan Rusia adalah salah satu kandidat utama yang sebenarnya untuk melaksanakan proyek ini,.

"Tetapi dengan kekacauan ini sekarang hanya perusahaan Amerika yang akan terlibat dalam proyek ini. Jadi mungkin itu salah satu penjelasannya," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)