Bela Rusia, China: AS Harus Hormati Moskow!

Selasa, 27 April 2021 - 17:09 WIB
loading...
Bela Rusia, China: AS Harus Hormati Moskow!
China mengecam gelombang sanksi baru yang diberlakukan Amerika Serikat (AS) terhadap Rusia. Foto/Global Times
A A A
BEIJING - China mengecam gelombang sanksi baru yang diberlakukan Amerika Serikat (AS) terhadap Rusia . Beijing mengatakan akan bekerja sama dengan Moskow untukberlindungdari campur tangan eksternal dan mendesak Washington untuk mengambil pendekatan berbeda.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan pemerintahnya sangat menentang penggunaan sanksi sepihak dan akan bekerja dengan sekutunya untuk mengurangi dampaknya.

"China dan Rusia memelihara kemitraan komprehensif satu sama lain," kata Wang Wenbin.

"Dalam hal melindungi kedaulatan negara, Republik Rakyat China dan Rusia akan saling mendukung," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (27/4/2021).

Menurut Wang, yang sebelumnya bertugas dalam serangkaian misi diplomatik, tindakan baru Washington terhadap Moskow adalah tanda kebijakan luar negeri Amerika yang bermusuhan.

“Sanksi sepihak AS adalah manifestasi dari pandangan dunia hegemonik mereka. Mereka harus diprotes,” tegasnya.

Dia bersikeras Washington akan diperlakukan lebih baik dengan menyelesaikan perbedaan atas dasar yang sama dan mematuhi prinsip saling menghormati.

Awal bulan ini, Presiden AS Joe Biden menandatangani dekrit yang mengesahkan serangkaian tindakan pembatasan terhadap perusahaan dan pejabat Rusia. Langkah tersebut juga melarang lembaga keuangan Amerika untuk langsung membeli saham dalam hutang negara, yang digunakan oleh pemerintah di seluruh dunia untuk menopang ekonomi mereka. Pada saat yang sama, Gedung Putih juga mengusir hampir selusin diplomat Moskow.



Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan paket itu terdiri dari langkah-langkah proporsional untuk membela kepentingan Amerika dalam menanggapi tindakan Rusia yang berbahaya, termasuk gangguan dunia maya dan campur tangan pemilu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)