Duterte Pastikan Absen di KTT ASEAN Jakarta Soal Myanmar

Kamis, 22 April 2021 - 21:58 WIB
loading...
Duterte Pastikan Absen di KTT ASEAN Jakarta Soal Myanmar
Kementerian Luar Negeri Filipina menuturkan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak akan menghadiri pertemuan ASEAN untuk membahas situasi Myanmar. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Kementerian Luar Negeri Filipina menuturkan, Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak akan menghadiri pertemuan ASEAN untuk membahas situasi Myanmar. Pertemuan itu akan dilangsungkan di kantor Sekretariat ASEAN di Jakarta akhir pekan ini.

"Duterte tidak akan menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN hari Sabtu karena krisis Covid-19 di dalam negeri," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Dia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri, Teodoro Locsin. Filipina sangat mendukung pertemuan itu bahkan tanpa kehadiran penuh dari semua pemimpin ASEAN," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Kamis (22/4/2021).

Kementerian itu juga mengatakan bahwa Manila sangat mendukung rencana Sekretaris Jenderal ASEAN dan Brunei Darussalam, yang merupakan ketua ASEAN saat ini untuk mengunjungi Myanmar dan menjadi ujung tombak respon terhadap krisis di sana.

Selain Duterte, pemimpin negara yang memastikan tidak hadir dalam pertemuan itu juga adalah Thailand. Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha mengatakan akan diwakili oleh wakilnya, Don Pramudwinai, yang juga merupakan Menteri Luar Negeri.

Sementara itu, pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing dilaporkan akan terbang ke Jakarta untuk menghadiri pertemuan tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)