Junta Myanmar Semakin Brutal, 618 Tewas Termasuk 48 Anak-anak

Minggu, 11 April 2021 - 08:37 WIB
loading...
Junta Myanmar Semakin Brutal, 618 Tewas Termasuk 48 Anak-anak
Sebuah rekaman video memperlihatkan kebrutalan pasukan keamanan menindak para demonstran. Foto/bdnews24
A A A
YANGON - Kudeta militer di Myanmar terus menimbulkan konsekuensi mematikan bagi warga sipil yang secara terbuka menentangnya. Sebuah laporan menyatakan lebih dari 80 orang tewas di sebuah kota dalam pertumpahan darah terbaru oleh militer Myanmar .

Kelompok pemantau lokal, Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) setidaknya 82 orang tewas di kota Bago, Myanmar akibat tindakan brutal pasukan keamanan.

Sementara itu rekaman yang diverifikasi oleh AFP pada Jumat pagi memperlihatkan penumpasan brutal di kota Bago, yang berjarak 65 kilometer sebelah timur Yangon.

Rekaman itu menunjukkan pengunjuk rasa bersembunyi di balik barikade karung pasir sambil membawa senapan rakitan. Terdengar suara ledakan sebagai latar belakangnya.



Seorang penduduk mengatakan pihak berwenang menolak untuk membiarkan petugas penyelamat berada di dekat mayat para korban.

"Mereka menumpuk semua mayat, memasukannya ke dalam truk tentara dan membawanya pergi," katanya kepada AFP yang dinukil France24, Minggu (11/4/2021).

Kekerasan di Bago menambah jumlah korban tewas dalam aksi kekerasan terhadap demonstrasi anti kudeta. Hingga hari Jumat, AAPP, yang telah melacak insiden dan korban jiwa, melaporkan bahwa setidaknya 618 orang, termasuk setidaknya 48 anak-anak, telah dibunuh oleh junta dalam waktu kurang dari dua bulan sejak militer mengambil alih seperti disitir dari CBS News.

Sedangkan veris junta, korban tewas adalah 248.



Terlepas dari pertumpahan darah yang terjadi setiap hari, pengunjuk rasa terus turun ke jalan dengan demonstran yang menunjukkan ketidakpuasan mereka dengan cara yang sangat kreatif.

Di pusat komersial Yangon, cat merah - melambangkan darah yang sudah tumpah - disiramkan ke jalan-jalan untuk melihat Pagoda Shwedagon yang bersejarah.

Selebaran dengan kata-kata "Mereka tidak akan memerintah kita" tersebar di seluruh lingkungan Yangon.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak militer menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi pada Februari lalu, dengan pengunjuk rasa menolak untuk tunduk pada junta dan menuntut kembali ke demokrasi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)