Prancis Tuding Inggris Lakukan 'Pemerasan' Atas Pasokan Vaksin

Sabtu, 27 Maret 2021 - 11:14 WIB
loading...
Prancis Tuding Inggris Lakukan Pemerasan Atas Pasokan Vaksin
Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Jean-Yves le Drian. Foto/The Arab Weekly
A A A
PARIS - Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis menuding Inggris melakukan "pemerasan" atas penanganan terhadap ekspor vaksin COVID-19 di tengah ketegangan yang berlangsung terkait rantai pasokan.

Menlu Prancis Jean-Yves le Drian ditanyai apakah Uni Eropa (UE) telah 'ditipu' dengan mengirimkan jutaan dosis ke Inggris sementara peluncurannya tersendat.

Dia mengatakan blok tersebut seharusnya tidak membayar harga untuk program vaksinasi Inggris, yang jauh lebih sukses daripada 27 negara anggota UE.

Le Drian mengkritik pendekatan Downing Street untuk membeli dan memasok vaksin, menunjukkan Inggris berada di bawah tekanan karena tidak memiliki cukup dosis untuk suntikan kedua.

"Inggris sangat bangga dapat memvaksinasi dengan baik dengan dosis pertama kecuali mereka memiliki masalah dengan dosis kedua," kata Le Drian kepada radio France Info.



"Kami tidak bisa memainkan pemerasan. Saya berharap kita akan mencapai kesepakatan, tidak masuk akal untuk memiliki perang vaksin antara Inggris dan Eropa," imbuhnya.

"Kamu tidak bisa bermain seperti ini, sedikit pemerasan, hanya karena kamu terburu-buru untuk membuat orang divaksinasi dengan suntikan pertama, dan sekarang kamu sedikit cacat karena kamu tidak memiliki yang kedua,' ujarnya seperti dikutip dari Metro.co.uk, Sabtu (27/3/2021).

Le Drian tidak merinci apa yang merupakan 'pemerasan' tetapi awal pekan ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan bahwa kontrol ekspor UE dapat berdampak negatif terhadap investasi di negara-negara anggota.

"Saya akan dengan lembut menunjukkan kepada siapa pun yang mempertimbangkan blokade, atau gangguan rantai pasokan, bahwa perusahaan dapat melihat tindakan tersebut dan menarik kesimpulan tentang apakah masuk akal untuk melakukan investasi masa depan di negara-negara di mana blokade sewenang-wenang diberlakukan," ujarnya kepada komite penghubung di Westminster.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)