Prancis Tuding Inggris Lakukan 'Pemerasan' Atas Pasokan Vaksin

Sabtu, 27 Maret 2021 - 11:14 WIB
loading...
Prancis Tuding Inggris Lakukan Pemerasan Atas Pasokan Vaksin
Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis Jean-Yves le Drian. Foto/The Arab Weekly
A A A
PARIS - Menteri Luar Negeri (Menlu) Prancis menuding Inggris melakukan "pemerasan" atas penanganan terhadap ekspor vaksin COVID-19 di tengah ketegangan yang berlangsung terkait rantai pasokan.

Menlu Prancis Jean-Yves le Drian ditanyai apakah Uni Eropa (UE) telah 'ditipu' dengan mengirimkan jutaan dosis ke Inggris sementara peluncurannya tersendat.

Dia mengatakan blok tersebut seharusnya tidak membayar harga untuk program vaksinasi Inggris, yang jauh lebih sukses daripada 27 negara anggota UE.

Le Drian mengkritik pendekatan Downing Street untuk membeli dan memasok vaksin, menunjukkan Inggris berada di bawah tekanan karena tidak memiliki cukup dosis untuk suntikan kedua.

"Inggris sangat bangga dapat memvaksinasi dengan baik dengan dosis pertama kecuali mereka memiliki masalah dengan dosis kedua," kata Le Drian kepada radio France Info.



"Kami tidak bisa memainkan pemerasan. Saya berharap kita akan mencapai kesepakatan, tidak masuk akal untuk memiliki perang vaksin antara Inggris dan Eropa," imbuhnya.

"Kamu tidak bisa bermain seperti ini, sedikit pemerasan, hanya karena kamu terburu-buru untuk membuat orang divaksinasi dengan suntikan pertama, dan sekarang kamu sedikit cacat karena kamu tidak memiliki yang kedua,' ujarnya seperti dikutip dari Metro.co.uk, Sabtu (27/3/2021).

Le Drian tidak merinci apa yang merupakan 'pemerasan' tetapi awal pekan ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan bahwa kontrol ekspor UE dapat berdampak negatif terhadap investasi di negara-negara anggota.

"Saya akan dengan lembut menunjukkan kepada siapa pun yang mempertimbangkan blokade, atau gangguan rantai pasokan, bahwa perusahaan dapat melihat tindakan tersebut dan menarik kesimpulan tentang apakah masuk akal untuk melakukan investasi masa depan di negara-negara di mana blokade sewenang-wenang diberlakukan," ujarnya kepada komite penghubung di Westminster.

UE sebelumnya mengancam akan melarang perusahaan farmasi mengekspor vaksin virus Corona ke Inggris dan negara-negara pemasok lain sampai mereka memenuhi pengiriman yang dijanjikan ke blok itu.



UE berhenti melakukan blokade pada hari Kamis, menekankan pentingnya menjaga rantai pasokan global yang diperlukan untuk memproduksi vaksin.

Tetapi para pemimpin memberikan dukungan mereka untuk kontrol ekspor vaksin yang lebih ketat, dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan pertemuan itu menandai 'akhir kenaifan' dari UE.

Peluncuran vaksin di negara-negara anggota UE telah dimulai dengan lambat dan Brussels menyalahkan perusahaan farmasi - terutama raksasa Anglo-Swedia AstraZeneca - karena tidak memberikan dosis yang dijanjikan.

Namun pihak AstraZeneca membantah bahwa mereka gagal memenuhi kontraknya.

Sementara itu beberapa negara - termasuk Belgia, Belanda, Irlandia, Swedia dan Denmark sudah menegaskan tidak berniat memberlakukan kontrol ekspor yang lebih ketat.



Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, memperingatkan terhadap eskalasi balas dendam.

"Kita tidak boleh melakukan hal-hal yang membuat kita hanya memiliki lebih sedikit vaksin,' katanya.

Sekretaris komunitas Inggris Robert Jenrick juga memperingatkan larangan ekspor yang 'merusak' pada hari Jumat.

Menteri kabinet mengatakan pemerintah Inggris memiliki kepercayaan mutlak pada pasokan vaksinnya - dengan semua orang dewasa di jalur yang tepat untuk menerima dosis pertama pada akhir Juli.

Tetapi dia tidak akan mengatakan dari mana dosis vaksin Inggris akan berasal jika Brussel menerapkan larangan ekspor.



"Kami telah memilih sejak awal untuk tidak membahas rantai pasokan kami. Kami pikir itu keputusan yang tepat," ujarnya.

"Kami mendapatkan vaksin kami dari berbagai produsen, dari seluruh dunia dengan rantai pasokan internasional yang kompleks - tidak satupun dari mereka bergantung pada satu pabrik atau satu negara," imbuhnya.

Pada hari Jumat, Komisi Eropa memperbarui seruannya kepada AstraZeneca untuk memberikan vaksin yang dipesan oleh Brussels.

"Ini jelas tergantung pada perusahaan untuk memastikan produksi dosis setelah kontrak yang mereka tandatangani," ucap juru bicara Stefan de Keersmaecker pada jumpa pers.

"Yang penting bagi kami adalah AstraZeneca harus memenuhi kewajibannya kepada Komisi, negara anggota, dan tentu saja kepada populasi Uni Eropa," imbuhnya.



"Artinya, misalnya, memastikan bahwa untuk kuartal pertama akan ada 30 juta dosis yang dikirimkan, seperti yang telah mereka umumkan," ia melanjutkan.

"Terserah perusahaan untuk memastikan bahwa pengiriman dan produksi ini dilakukan dan dilakukan di pabrik sesuai kontrak dan mereka jelas (telah diberikan) otorisasi dari EMA (European Medicines Agency) jadi terserah kepada perusahaan untuk memastikan mereka memenuhi kontrak dan memenuhi kewajiban mereka kepada Uni Eropa," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)