Pakar: Ekonomi Jatuh, Era Arab Saudi Berduit Berakhir

Senin, 18 Mei 2020 - 17:12 WIB
loading...
A A A
"Ingat ketika Mohammed bin Salman datang ke Gedung Putih dan Trump mengangkat grafik kardus dengan penjualan USD100 miliar, itu semua tetap aspiratif," kata Feierstein. "Sebagian besar dari hal-hal itu tidak pernah terjadi dan itu tidak pernah ditandatangani, itu hanya semacam ditarik keluar dari udara," kata Feierstein.

Pangeran Mohammed tidak hanya memiliki krisis keuangan yang perlu dikhawatirkan. Di AS, dia menghadapi prospek Joe Biden—calon calon presiden dari Partai Demokrat—menang pada pemilu AS November mendatang. Biden telah mengatakan dia akan mengekang penjualan senjata AS ke Arab Saudi dan menyebut kepemimpinan Riyadh saat ini sebagai "paria".

"Saya benar-benar berpikir bahwa (krisis keuangan) akan memengaruhi semua pengeluaran mereka," kata Kirsten Fontenrose, yang menjabat sebagai direktur senior untuk urusan Teluk di Dewan Keamanan Nasional di pemerintahan Trump.

Alih-alih menyerukan pemotongan pengeluaran, Fontenrose menyarankan Saudi untuk menunggu hasil pemilu AS November mendatang dan—jika Biden menang—bagi Demokrat untuk memaksakan pengurangan belanja, yang mereka “pura-pura menerima dengan enggan”.

"Itu akan menjadi cara bagi mereka untuk melepaskan diri dari dampak politik dan mempertahankan beberapa pengaruh mereka dengan sektor swasta," katanya.

Sementara itu, Riedel mengatakan bahwa di antara perusahaan-perusahaan yang paling terpukul adalah BAE Systems Inggris, mengingat eksposur perusahaan ke Arab Saudi.

“BAE akan sangat terpukul. Ada ribuan karyawan BAE yang pekerjaannya berputar mendukung Angkatan Udara Saudi dengan satu atau lain cara. Cepat atau lambat mereka akan diberitahu 'kami tidak dapat membayar gaji Anda lagi'," katanya, seperti dikutip The Guardian, Senin (18/5/2020).
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)