Michael Somare, Bapak Bangsa Papua Nugini Meninggal Dunia

loading...
Michael Somare, Bapak Bangsa Papua Nugini Meninggal Dunia
Michael Somare, Bapak Bangsa Papua Nugini meninggal dunia. Foto/7news.com.au
SYDNEY - Perdana menteri pertama Papua Nugini , Michael Somare, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Kabar duka itu disampaikan langsung olehputrinya pada Jumat (26/2/2021).

Dikenal sebagai "Bapak Bangsa", Somare memimpin negara di kepulauan Pasifik itu merdeka dari Australia pada tahun 1975 dan menjabat empat kali sebagai perdana menteri.

"Dia telah didiagnosis menderita kanker pankreas pada awal Februari," kata putrinya, Betha Somare, dalam sebuah pernyataan yang dinukil dari Reuters.



Somare mengatakan banyak warga Papua Nugini telah memeluk ayahnya sebagai "ayah dan kakek" mereka sendiri.



Sebelum kemerdekaan, Somare adalah menteri utama di wilayah Papua Nugini yang dikelola Australia. Dia terakhir menjabat sebagai pemimpin negara itu sebentar pada tahun 2011.

Papua Nugini adalah negara pegunungan dan luas yang kaya akan sumber daya dan mineral, termasuk minyak dan gas, serta emas dan tembaga.

Baca juga: Tahanan Penjara Papua Nugini Kabur Massal, 11 Ditembak Mati, 36 Buron

Memiliki beragam bahasa, negara yang bertetangga dengan provinsi Papua ini adalah salah satu pulau dengan ekonomi terbesar di Pasifik Selatan, meskipun telah menghadapi kesulitan ekonomi dan konflik internal, terutama selama perang saudara selama satu dekade di wilayah Bougainville yang menewaskan sebanyak 20.000 jiwa sebelum berakhir di 1998.

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape mengatakan, mantan pemimpin itu sekarang telah diistirahatkan dari penderitaan dan jerih payah hidup.



"Bangsa kami menghormati pemimpin besar ini, perdana menteri pendiri dan terlama yang melayani negara kami," kata Marape dalam sebuah pernyataan, menyerukan untuk berkabung selama seminggu, damai dan tenang sebagai bentuk memberikan penghormatan.

Baca juga: 10 Kg Ganja Kering Asal Papua Nugini Disita Polresta Jayapura Kota

"Dia tidak tertandingi oleh siapa pun dari kami yang mengejarnya," tambahnya.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam sebuat tweet mengatakan Somare adalah bapak pendiri Papua Nugini yang demokratis dan independen serta "teman baik" bagi Australia.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top