Inggris: Peluncuran Vaksin COVAX Langkah Besar untuk Akhiri Pandemi

Kamis, 25 Februari 2021 - 16:38 WIB
loading...
Inggris: Peluncuran Vaksin COVAX Langkah Besar untuk Akhiri Pandemi
Aliansi Vaksin Global, GAVI, telah mengumumkan bahwa peluncuran vaksin COVAX ke negara-negara berkembang telah dimulai. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Aliansi Vaksin Global, GAVI, telah mengumumkan bahwa peluncuran vaksin COVAX ke negara-negara berkembang telah dimulai. Vaksin pertama telah tiba di Accra, Ghana.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab mengatakan, peluncuran vaksin ke negara-negara paling rentan di dunia merupakan langkah maju yang besar dalam mengakhiri pandemi Covid-19. Ia menyebutkan, sebagai salah satu donor terbesar untuk COVAX, Inggris memastikan bahwa lebih dari satu miliar dosis vaksin akan dikirim ke 92 negara dan memastikan tidak ada satu negara pun yang tertinggal dalam kompetisi global mendapatkan vaksin.

“Kita akan bisa menyelamatkan nyawa dan mengurangi risiko infeksi di masa depan jika kita bisa mencegah penyebaran virus di negara-negara berkembang di dunia”, ujar Raab, seperti dikutip Sindonews dari siaran pers Kedutaan Besar Inggris di Jakarta pada Kamis (25/2/2021).

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan, keputusan Inggris untuk mendonasikan sebagian besar dari kelebihan persediaan vaksinnya di masa depan untuk negara-negara berkembang melalui COVAX, merupakan kabar yang sangat baik.

Ia menuturkan, Indonesia adalah satu dari 92 negara yang dapat memperoleh vaksin melalui COVAX dan karena itu sangat memungkinkan menjadi salah satu negara yang dapat diuntungkan oleh kebijakan sumbangan ini.

Owen menjelaskan komitmen ini di luar sumbangan besar Inggris kepada GAVI, senilai 548 juta poundsterling, yang menjadikan Inggris sebagai salah satu donor yang terbesar dan 1/5 dari total anggaran yang telah terkumpul.
Dia lalu menuturkan, Inggris sebagai negara pertama yang telah berkomitmen berbagi sebagian besar kelebihan persediaan vaksinnya melalui COVAX, membuktikan bahwa dunia harus menghadapi pandemi ini dengan semangat kebersamaan melalui institusi-institusi multilateral.

“Saat yang sulit akan mendorong inovasi. Perkembangan cepat vaksin COVID-19 sangatlah luar biasa – dan ini adalah salah satu hasil yang sangat mengagumkan dari respon pandemi global. Saat ini kita memiliki kesempatan untuk memanfaatkan apa yang telah kita capai sejauh ini, untuk masa depan," ujarnya.

"Dengan kerja sama global di setiap bagian dari pengembangan vaksin – melalui riset, uji coba, dan produksi – sehingga dapat menguntungkan semua pihak. Harapan kami, melalui upaya ini kita akan lebih siap menghadapi pandemi di masa depan,” tukas Owen.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)