Biden dan Trudeau Bersatu Lawan China, Atasi Perubahan Iklim

Rabu, 24 Februari 2021 - 09:23 WIB
loading...
A A A
Tetapi kedua pemimpin itu menjelaskan bahwa mereka ingin menyelesaikan perselisihan itu dan bekerja sama.

Pertemuan tersebut menarik perhatian sebagai pandangan awal dari diplomasi Biden. “Semua orang di seluruh dunia memperhatikan pertemuan ini dengan sangat cermat. Mereka ingin mendapatkan apa yang didapat orang Kanada dan tidak semua berhasil. Ini adalah akses tingkat atas, standar emas," ujar seorang diplomat senior Barat di Ottawa.

“Kami merasa kami akan balapan di sini,” ujar sumber pemerintah Kanada.

Trudeau adalah pemimpin dunia pertama yang memberi selamat kepada Biden ketika Partai Demokrat dinyatakan sebagai pemenang pemilu November. Hal itu menggambarkan sejauh mana sekutu dekat AS itu akan beralih dari empat tahun masa jabatan Trump.

Mantan presiden Trump sering bentrok dengan Ottawa dalam perdagangan dengan memberlakukan tarif pada aluminium dan baja Kanada.

Trump melakukan perjalanan hanya sekali ke Kanada untuk pertemuan G7 pada 2018, dan mengecam Trudeau karena "sangat tidak jujur dan lemah" setelah dia pergi.

Trump juga memaksa negosiasi ulang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, pembicaraan yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun pemerintahan Trudeau.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)