Biden dan Trudeau Bersatu Lawan China, Atasi Perubahan Iklim

Rabu, 24 Februari 2021 - 09:23 WIB
loading...
Biden dan Trudeau Bersatu Lawan China, Atasi Perubahan Iklim
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menggelar konferensi pers. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau berusaha menutup halaman tentang era Donald Trump.

Biden dan Trudeau menekankan hubungan erat kedua negara dan berjanji bekerja sama melawan pengaruh China dan mengatasi perubahan iklim.

“Amerika Serikat tidak memiliki teman dekat, tidak ada teman dekat selain Kanada,” ujar Biden kepada Trudeau melalui tautan video elektronik dengan pemimpin Kanada dan para pembantu utama.



“Itulah mengapa Anda menjadi panggilan pertama saya sebagai presiden (dan) pertemuan bilateral pertama saya,” papar Biden.



Setelah berbicara selama sekitar dua jam, kedua pemimpin muncul dan mengatakan bahwa mereka berencana bekerja sama secara erat untuk mengalahkan pandemi COVID-19 dan memerangi perubahan iklim, dengan tujuan mencapai emisi nol pada 2050.



Trudeau juga berterima kasih kepada Biden karena menegaskan kembali dukungan AS untuk pembebasan dua warga Kanada yang ditahan China, Michael Spavor dan Michael Kovrig.

“Manusia tidak menukar chip. Kita akan bekerja sama sampai kita mendapatkan mereka kembali dengan selamat,” papar Biden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)