Bantah Menghina, Biden Akhirnya Telepon PM Israel Netanyahu

Kamis, 18 Februari 2021 - 10:10 WIB
loading...
A A A
"Kedua pemimpin itu mencatat hubungan pribadi mereka yang sudah berlangsung lama," kata kantor Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Gedung Putih mengatakan diperlukan konsultasi lebih lanjut tentang masalah Iran.



Dalam percakapan telepon, Biden mengatakan kepada Netanyahu bahwa dia bermaksud memperkuat kerjasama pertahanan dengan Israel dan menekankan dukungannya untuk normalisasi hubungan dengan tetangganya. "Dia juga menggarisbawahi pentingnya bekerja menuju perdamaian antara Israel dan Palestina," kata Gedung Putih.

Gedung Putih telah membantah bahwa penundaan dalam panggilan telepon Biden dimaksudkan untuk tidak menghormati Netanyahu. Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan penundaan untuk menelepon itu "bukan pembangkangan yang disengaja".

Netanyahu minggu ini mengakui perbedaan dengan Biden atas masalah Iran dan Palestina, tetapi mengatakan keduanya menikmati hubungan kerja yang kuat.

Seorang diplomat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa Israel prihatin dengan penundaan panggilan Biden ke Netanyahu, tetapi menyadari bahwa presiden AS sedang menangani masalah lain terlebih dahulu, seperti pandemi virus corona dan tantangan dari Rusia dan China.

"Fakta bahwa Netanyahu adalah pemimpin Timur Tengah pertama yang ditelepon dianggap sebagai pertanda positif," kata diplomat itu, tanpa bersedia diidentifikasi.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)