Izin Kantor Beritanya Dicabut Inggris, China 'Beredel' BBC

Jum'at, 12 Februari 2021 - 07:40 WIB
loading...
A A A
"Keputusan China untuk melarang BBC World News di China daratan adalah pembatasan kebebasan media yang tidak dapat diterima," kata Raab dalam sebuah pernyataan.



"China memiliki beberapa pembatasan paling parah pada kebebasan media dan internet di seluruh dunia dan langkah terbaru ini hanya akan merusak reputasi China di mata dunia," Raab menambahkan.

BBC tidak dapat ditonton secara umum di China. BBC World News hanya bisa ditonton di hotel, pusat bisnis, dan kompleks perumahan bagi orang asing. Belum jelas apakah larangan tersebut akan mempengaruhi penerimaan di fasilitas tersebut.

Pada 4 Februari lalupengawas komunikasi Inggris, Ofcom, mencabut lisensi CGTN, saluran berita satelit berbahasa Inggris milik China. Ofcom mengutip tautan ke Partai Komunis yang berkuasa di China di antara alasannya.



Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China keesokan harinya mengatakan bahwa Ofcom telah bertindak atas dasar alasan politik berdasarkan bias ideologis dan China berhak meresponsnya untuk melindungi hak dan kepentingan media China.

Kehilangan izin penyiaran di Inggris merupakan kemunduran besar bagi CGTN. Saluran tersebut memiliki pusat operasi Eropa di London Barat dan merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperluas kekuatan lunak China dan meningkatkan citranya di luar negeri.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)