Perubahan Sikap Terhadap Palestina, Dapatkah Biden Fasilitasi Solusi Dua Negara?

Senin, 08 Februari 2021 - 01:00 WIB
loading...
Perubahan Sikap Terhadap Palestina, Dapatkah Biden Fasilitasi Solusi Dua Negara?
Ilustrasi. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka akan memulihkan hubungan dengan Palestina dan memperbarui bantuan yang ditangguhkan untuk pengungsi. Selain itu, seorang pejabat senior Gedung Putih menyampaikan komitmen Presiden AS, Joe Biden untuk solusi dua negara, antara Ramallah dan Tel Aviv.

Meskipun pengumuman itu tidak mengejutkan bagi mereka yang mengikuti jejak kampanye Biden, para analis skeptis bahwa solusi dua negara akan tercapai selama masa jabatan Biden sebagai presiden AS.



Di bawah Trump, misi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) ditutup dan bantuan AS ditangguhkan karena tuduhan bahwa dana tersebut digunakan untuk tindakan teroris. Itu mengakibatkan kesenjangan pendanaan USD 350 juta untuk badan PBB yang mendukung pengungsi Palestina (UNRWA).

Selama sidang konfirmasi Senat, Menteri Luar Negeri Antony Blinken menegaskan kembali bahwa Biden berkomitmen untuk solusi dua negara dengan Palestina dan Israel.



Blinken juga berjanji untuk mempertahankan dukungan AS untuk keamanan Israel dan bahwa AS akan membela sekutunya di Timur Tengah. Dukungan kuat Washington terhadap Israel diperkirakan tidak akan berubah, tetapi pendekatannya terhadap Palestina pasti akan berubah.

Pembalikan keputusan untuk memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, misalnya, tidak akan terjadi. Pemerintahan Biden juga diprediksi akan melanjutkan apa yang ditinggalkan oleh pemerintahan Trump dalam hal mendorong lebih banyak negara untuk menormalisasi hubungan dengan Tel Aviv.



Terlepas dari perubahan kebijakan AS terhadap Palestina, ada beberapa skeptisisme tentang seberapa besar kemajuan yang dapat dicapai Biden dalam solusi dua negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)