Taiwan Pegang Kunci, Siap Luncurkan Teknologi Era Digital Masa Depan

Rabu, 06 Januari 2021 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Perkembangan industri semikonduktor Taiwan sudah lebih dari 50 tahun sejak 1960-an. Alasan mengapa industri populer ini, yang akan mempengaruhi perkembangan global masa depan, lahir di Taiwan dan berkembang pesat bukanlah suatu kebetulan.

Kembali ke masa tahun 1973, ketika perekonomian Taiwan masih bergantung pada industri tradisional seperti tekstil dan pakaian, tak disangka perang Timur Tengah memicu krisis minyak global, Taiwan yang sepenuhnya mengandalkan impor minyak sangat menderita.

Pada saat itu, pemerintah Taiwan memutuskan untuk mempromosikan sepuluh proyek pembangunan besar dan menguraikan cetak biru untuk pengembangan industri elektronik Taiwan, dan memutuskan untuk mengimpor teknologi semikonduktor dari Amerika Serikat.

Pada tahun 1974, pemerintah dan Institut Penelitian Teknologi Industri Taiwan bersama-sama mempromosikan "Proyek Sirkuit Terpadu" dan memasukkan teknologi sirkuit terpadu ke Taiwan. Pada tahun 1976, Institut Penelitian Teknologi Industri mentransfer teknologi proses MOS 7.0?m dari RCA di Amerika Serikat dan mulai memproduksi IC pada jam tangan elektronik, dengan hasil kerja yang baik.

Maka pada 1980, Institut Penelitian Teknologi Industri mengembangkan dan mendirikan perusahaan manufaktur IC pertama Taiwan, United Microelectronics Corporation (UMC). Pada bulan Desember di tahun yang sama, didirikan Taman Sains Hsinchu , dan UMC menjadi pabrik yang pertama. Taman Sains Hsinchu dengan lingkungan bisnisnya yang baik, telah menarik banyak peminat yang mempunyai bakat teknologi dan investasi dari lokal maupun asing.

Sejak 1980-an, banyak perusahaan manufaktur dan desain IC telah didirikan, dan industri semikonduktor Taiwan berkembang sejak saat itu. Pada tahun 1984, Institut Penelitian Teknologi Industri mengambil alih "Proyek Sirkuit Terpadu Super Besar (VLSI)", dan tahun berikutnya mengundang Morris Chang, wakil presiden Global Texas Instruments (perusahaan semikonduktor terbesar di dunia pada waktu itu),yang juga kepala eksekutif peralatan umum, yang merupakan salah satu pengusaha terpengaruh dalam dunia industri semikonduktor Amerika Serikat untuk datang ke Taiwan menjabat sebagai ketua Institut Penelitian Teknologi Industri.

Pabrik eksperimental sirkuit terpadu 6 inci pertama Taiwan secara resmi selesai pada tahun 1986. Untuk memanfaatkan keuntungan ekonomi dari pabrik percobaan, atas saran Morris Chang dan dukungan dari penasehat politik Li Kwoh-ting, Perusahaan Manufaktur Sirkuit Terpadu Taiwan (selanjutnya disebut sebagai TSMC), mentransfer peralatan dan bakat dari proyek VLSI ke TSMC, dan mempelopori model OEM profesional untuk memberikan keuntungan penuh pada keunggulan Taiwan di bidang manufaktur.
Sejak berdirinya TSMC, perusahaan desain IC hanya perlu fokus pada desain produk, kemudian mempercayakan produk yang dirancang kepada TSMC untuk menghasilkan produksi energi, tidak perlu menyiapkan pabriknya lagi, sehingga perusahaan desain IC banyak bermunculan di Taiwan dan Amerika Serikat.

Sejumlah besar perusahaan telah memainkan peran penting dalam komputer pribadi dan industri telekomunikasi sejak tahun 1990-an. Juga karena setelah didirikannya TSMC, telah menyediakan layanan OEM profesional, yang sangat mengubah dunia industri semikonduktor.

Sejak 1990-an, industri semikonduktor Taiwan berangsur-angsur menjadi pembagian kerja vertikal, rantai industri dari hulu hingga hilir selesai secara bertahap. Selain TSMC dan UMC, perwakilan perusahaan di berbagai bidang juga meliputi ASE Holdings (akuisisi dengan Siliconware), MediaTek, Phison, Win, Macronix, Hwa ya Technology, Nanya Technology dan lainnya, bersama-sama menciptakan nilai produksi triliun NTD yang membanggakan bagi Taiwan, dan membangun posisi penting dalam kerajaan semikonduktor Taiwan.

Seberapa besar TSMC, yang didirikan oleh Morris Chang, bapak semikonduktor dalam rantai industri global?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)