Taiwan Pegang Kunci, Siap Luncurkan Teknologi Era Digital Masa Depan

Rabu, 06 Januari 2021 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Baik itu teknologi militer kelas atas, teknologi luar angkasa, ponsel pintar, mobil tanpa pengemudi, atau asisten suara cloud cerdas, lebih dari separuh wafer semikonduktor yang digunakan dalam teknologi baru ini adalah "Made in Taiwan".

Industri pengemasan dan pengujian Taiwan juga menempati urutan pertama di dunia, dan industri desain IC-nya menempati urutan kedua di dunia, kedua setelah Amerika Serikat.

Menurut statistik pada kuartal kedua tahun 2020, 4 dari 10 pabrik wafer top dunia adalah perusahaan Taiwan (TSMC, UMC, World Vanguard, Powerchip). 6 dari 10 pabrik pengemasan dan pengujian teratas dunia juga berada di Taiwan (ASE, Siliconware, Powertech, KYEC, Chipmos, Hsinbong).

Di antara 10 perusahaan desain IC teratas di dunia, ada 3 dari Taiwan (MediaTek, Novatek, Realtek). Menurut data Kementerian Perekonomian Taiwan, terdapat 247 perusahaan yang terdaftar di industri semikonduktor Taiwan pada tahun 2020.

Pada tahun 2019, industri semikonduktor menyumbang 30% dari ekspor Taiwan dan 14% dari PDB negara. Menurut Asosiasi Industri Semikonduktor Internasional (SEMI), total nilai produksi semikonduktor Taiwan pada tahun 2019 mencapai 2,66 triliun NTD, merupakan 16,9% dari total dunia, berada di peringkat ketiga dunia.

Nilai produksi industri semikonduktor Taiwan diperkirakan akan tumbuh sebesar 3,3% pada tahun 2020, meningkat hingga 16,7%. Nilai produksi semikonduktor keseluruhan Taiwan akan mencapai 3,2 triliun NTD, melampaui Vietnam dan Korea Selatan, menempati peringkat kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Diantaranya, nilai produksi desain IC akan mencapai 850 miliar NTD, perkiraan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 22,7%. Nilai produksi manufaktur IC akan mencapai 1,8 triliun NTD, peningkatan tahunan sebesar 23,7%.

Nilai produksi pengemasan dan pengujian IC akan mencapai 550 miliar NTD, peningkatan tahunan sebesar 10%. Taiwan tidak hanya memiliki keunggulan dalam manufaktur teknologi dan rantai industri, tetapi juga memiliki daya saing global dalam biaya produksi.

Selain itu, insinyur Taiwan memiliki kepribadian yang luar biasa dan kesabaran dalam menyelesaikan kendala manufaktur. Insinyur Taiwan yang luar biasa ini telah bekerja untuk menciptakan pencapaian besar kerajaan semikonduktor Taiwan.

Rantai industri semikonduktor Taiwan menjadi semakin penting di dunia, dan Taiwan memegang kendali perkembangan penting dalam memulai teknologi aplikasi masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)