Taiwan Pegang Kunci, Siap Luncurkan Teknologi Era Digital Masa Depan

Rabu, 06 Januari 2021 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Selain itu, Taiwan terletak di pusat Laut China Timur, Samudra Pasifik, dan Laut China Selatan, sehingga jalur lalu lintas semua pihak harus melewati perairan sekitar Taiwan.

Transportasi komersial atau strategis maritim yang penting di kawasan Asia-Pasifik berada dalam jangkauan yang dapat dipantau oleh Taiwan. Dari dulu hingga sekarang, Taiwan memiliki posisi geostrategis yang jelas dan penting.

Selama beberapa dekade terakhir, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berubah dengan pesat, dan berbagai ide inovatif telah diwujudkan satu per satu.

Setiap perkembangan teknologi memiliki dampak yang besar bagi dunia dan mengubah gaya hidup seluruh manusia, termasuk ponsel pintar, laptop, komputer desktop, tablet iPad dan produk komunikasi informasi lainnya, serta media sosial, layanan cloud, big data, dan lainnya.

Bagian internal terpenting yakni CPU (unit pemrosesan pusat) yang bertanggung jawab memproses dan menghitung data, memori untuk menyimpan data, chip untuk menerima dan mengirim sinyal jaringan dan GPS dan lainnya, semuanya terdiri dari komponen seperti transistor yang menggunakan "semikonduktor" sebagai bahan bakunya.

Industri semikonduktor tidak hanya menjadi awal era digital, tetapi juga merupakan industri penting bagi perkembangan teknologi masa depan, dan dengan munculnya era komputasi kecepatan tinggi dan kinerja tinggi (HPC), AI (kecerdasan buatan), komunikasi seluler 5G, dan Internet of Things (IoT), semua teknologi ini membutuhkan teknologi semikonduktor untuk mencapainya.

Produk semikonduktor telah ada di mana-mana, dan permintaan meningkat pesat. Dunia menghadapi dampak yang parah akibat pandemi pada tahun 2020, penerapan produk teknologi semikonduktor di masa pandemi telah membuktikan betapa pentingnya teknologi semikonduktor tersebut.

“Dalam industri hulu, tengah dan hilir semikonduktor global mulai dari OEM hingga pengemasan dan pengujian, serta industri desain dan memori intergrated circuit (IC), Taiwan tidak hanya memiliki kawasan industri semikonduktor terlengkap di dunia dan tenaga kerja profesional, tetapi juga memiliki pangsa pasar global yang sangat baik di setiap industry,” ungkap pernyataan TETO, perwakilan Taiwan di Indonesia.

Sebagai contoh industri original equipment manufacture (OEM) wafer, berdasarkan survei yang dilakukan oleh organisasi penelitian TrendForce pada Desember 2019, pangsa pasar global Taiwan di industri OEM wafer mencapai 63%, menempati peringkat pertama di dunia.

TSMC Taiwan adalah yang terbesar dalam manufaktur wafer global. Pabrik-pabrik sains dan teknologi internasional yang besar berlomba-lomba untuk memesan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)