RI Sebut PBB Harus Mampu Pastikan Distribusi Vaksin untuk Semua Negara

Sabtu, 05 Desember 2020 - 18:40 WIB
loading...
RI Sebut PBB Harus Mampu Pastikan Distribusi Vaksin untuk Semua Negara
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan PBB harus bisa membantu dunia untuk memastikan distribusi vaksin untuk semua pihak. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia , Retno Marsudi mengatakan PBB harus bisa membantu dunia untuk memastikan distribusi vaksin untuk semua pihak. Hal itu diungkapkan Retno dalam Sesi Khusus Sidang Majelis Umum PBB untuk menanggapi pandemi Covid-19 yang diselenggarakan secara virtual.

“Ditemukannya vaksin bukanlah akhir dari tantangan. Tugas kita berikutnya adalah memastikan vaksin dapat diakses dan didistribusikan dengan adil bagi semua," ucap Retno, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Sabtu (5/12/2020). ( )

Ketiga, terus memperkuat tata kesehatan global. "Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak sempurna, tapi tetap merupakan pilihan terbaik yang dunia punya untuk mengkordinasikan upaya melawan pandemi," ungkapnya.

Seluruh negara, jelasnya harus membantu penguatan kapasitas WHO. Mekanisme multilateral yang telah dibentuk di masa pandemi juga harus dilanjutkan setelah pandemi berakhir. "Pool akses terhadap teknologi, Tools accelerator, dan COVAX facility harus menjadi mekanisme yang terus digunakan di masa datang," tukas Retno.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)