Demonstran Tuntut Raja Thailand Serahkan Kekayaan Senilai Rp423 Triliun

loading...
Demonstran Tuntut Raja Thailand Serahkan Kekayaan Senilai Rp423 Triliun
Para demonstran anti-pemerintah di Thailand menuntut pembatasan kekuasaan raja. Foto/REUTERS
BANGKOK - Ribuan demonstran Thailand menuntut Raja Maha Vajiralongkorn (Rama X) untuk menyerahkan kendali atas kekayaan kerajaan senilai USD30 miliar (lebih dari Rp423 triliun). Tuntutan ini muncul dalam demo terbaru anti-pemerintah yang telah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir.

Para pengunjuk rasa telah melanggar tabu lama dengan mengkritik raja. Polisi bertindak dengan memeriksa para pemimpin protes paling terkenal sejak Selasa atas tuduhan menghina monarki, yang bisa berujug pada hukuman penjara hingga 15 tahun.

Para demonstran berkumpul di luar markas Siam Commercial Bank (SCB), bank terbesar di Thailand, di mana 23 persen saham raja senilai lebih dari USD2,3 miliar menjadikannya pemegang saham terbesar. (Baca: Foto-foto Intim Selir Raja Thailand Sineenat Wongvajirpakdi Bocor )

“Rakyat menuntut kembali aset nasional dari raja,” bunyi salah satu spanduk protes, seperti dikutip Reuters, Kamis (26/11/2020).



Polisi menyebutkan jumlah pengunjuk rasa lebih dari 8.000 orang.

Demonstrasi sebagian besar berlangsung damai, tetapi beberapa benturan terdengar ketika protes hari Rabu dibubarkan dan petugas medis mengatakan seorang pria telah ditembak. Seorang petugas polisi mengatakan ada bentrokan antara kelompok siswa kejuruan yang bersaing.

Protes pada Rabu kemarin beralih ke markas SCB setelah polisi membangun barikade pengepungan kontainer pengiriman dan kawat silet di sekitar Biro Properti Mahkota, yang mengelola aset kerajaan dan tempat unjuk rasa awalnya direncanakan. (Baca juga: Hidup Enak Raja Thailand: Nikah 4 Kali, 20 Selir dan Harta Rp490 Triliun )



Parit Chiwarak, di antara para pemimpin demonstrasi yang menghadapi tuduhan penghinaan kerajaan, mengatakan; "Jutaan keluarga sedang berjuang, jadi bagaimana kita bisa memberikan uang pembayar pajak kita kepada hanya satu keluarga untuk dibelanjakan secara mewah?"
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top