Foto-foto Intim Selir Raja Thailand Sineenat Wongvajirpakdi Bocor

Rabu, 25 November 2020 - 07:23 WIB
loading...
Foto-foto Intim Selir Raja Thailand Sineenat Wongvajirpakdi Bocor
Sineenat Wongvajirpakdi, selir resmi Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Foto/REUTERS via BBC
A A A
BANGKOK - Sebanyak 1.450 foto milik Sineenat Wongvajirpakdi, selir resmi Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (Rama X), bocor ke wartawan. Sebagian besar adalah foto selfie (swafoto) yang eksplisit secara seksual, yang mungkin telah dikirimkan ke raja.

Jurnalis Andrew MacGregor Marshall, yang berspesialisasi dalam politik Thailand, mengatakan bahwa pada Agustus 2020 ia menerima kartu SD yang berisi 1.450 foto dari tiga iPhone yang sebelumnya dimiliki Sineenat. Menurut Marshall, sebagian besar konten foto itu merupakan gambar intim.

Sineenat diberhentikan oleh Raja Rama X dan semua gelar dan hak istimewanya dicabut hanya tiga bulan setelah menerimanya. Laporan awal menyebutkan bahwa dia tidak setia dan ambisius dalam ingin mendapatkan status yang sama dari Ratu Suthida, istri keempat Raja Rama X. (Baca: Hidup Enak Raja Thailand: Nikah 4 Kali, 20 Selir dan Harta Rp490 Triliun )

Setahun kemudian, dia dibebaskan, gelar selirnya dipulihkan dan mendapatkan kembali semua hak istimewanya.

Euro Weekly News pada Rabu (25/11/2020) melaporkan Marshall telah menjelaskan di Twitter bahwa foto-foto itu diterima tak lama setelah Sineenat dibebaskan dari penjara wanita Bangkok, di mana dia menghabiskan sembilan bulan, gelarnya dipulihkan dan dia pergi untuk bergabung dengan Raja Rama X di Jerman.

Menurut Marshall, alamat pengirimnya salah dan surat yang disertakan dengan kartu SD menyatakan bahwa alamat tersebut telah diperoleh oleh peretas Thailand yang menentang monarki, tetapi jurnalis tersebut tidak percaya ini benar.

Dia percaya "perebutan kekuasaan" dalam Keluarga Kerajaan Thailand mungkin adalah alasan foto-foto tersebut.

Menurut Marshall, kembalinya Sineenat ditentang keras oleh anggota istana yang mendukung Ratu Suthida.

Meski menerima banyak foto selir raja tersebut, Marshall menolak untuk mempublikasikan satu pun dengan alasan agar tidak melanggar privasi Sineenat dan bahkan tidak berencana untuk mengungkapkan bahwa dia memilikinya. Namun, orang lain yang juga menerimanya membocorkan beberapa foto, meskipun yang dibocorkan bukan foto eksplisit. Lantaran ada foto yang dibocorkan, Marshall maju untuk mengklarifikasi situasi yang dia yakini sebagai upaya untuk menyabotase kepulangannya sebagai selir.

Marshall terkenal karena berbicara menentang Raja Thailand, caranya yang lalim dan selera kemewahannya yang berlebihan.

Belum lama ini, Raja Rama X menghabiskan ulang tahun pernikahannya di Jerman, tempat di mana 20 selir diduga dibius terus-menerus untuk dipersembahkan kepada raja demi kesenangannya.

Menurut laporan surat kabar Spanyol, 20minutos, situasi ini diketahui oleh pemerintah Jerman, meskipun sekarang mereka berencana untuk melarang Raja Thailand tersebut memasuki wilayah Jerman jika dia terbukti bersalah atas beberapa kejahatan.

Pihak Kerajaan Thailand belum mengonfirmasi perihal bocornya ribuan foto selir tersebut. Kerajaan juga belum bekomentar atas dugaan bahwa konflik keluarga kerajaan di balik bocornya foto-foto Sineenat.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)