Calon Presiden Ditangkap, Bentrokan Dahsyat Pecah di Uganda

Kamis, 19 November 2020 - 08:07 WIB
loading...
Calon Presiden Ditangkap, Bentrokan Dahsyat Pecah di Uganda
Tiga orang tewas dalam bentrokan setelah calon presiden Uganda ditangkap. Foto/The Daily Sentinel
A A A
KAMPALA - Pihak kepolisian Uganda mengatakan bentrokan hebat antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa pecah setelah calon presiden Bobi Wine ditangkap. Insiden tersebut menewaskan tiga orang.

"Tiga puluh empat orang juga terluka di ibu kota Kampala ketika polisi menggunakan gas air mata dan senjata mematikan lainnya terhadap pengunjuk rasa," kata juru bicara polisi Fred Enanga seperti dilansir dari AFP, Kamis (19/11/2020).

Palang Merah Uganda mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka merawat lebih dari 30 orang di Kampala menyusul bentrokan yang melibatkan polisi dan massa yang melakukan kerusuhan, termasuk 11 orang karena luka tembak.



Sebelumnya pada Rabu kemarin, Komandan Polisi Kampala Moses Kafeero mengatakan bahwa Wine telah ditangkap karena telah melanggar protokol kesehatan virus Corona dalam kampanyenya. Mantan bintang pop yang berubah menjadi anggota parlemen merupakan lawan utama Presiden Yoweri Museveni dalam pemilihan presiden 2021.

Penangkapan ini adalah yang terbaru dari serangkaian penangkapan terhadap penyanyi bernama asli Robert Kyagulanyi itu. Dia masih ditahan untuk diinterogasi Rabu malam.

"Bobi Wine terus menerus melanggar pedoman pemilu tentang Covid-19, mengadakan rapat umum, prosesi, dan menjamu lebih dari 200 orang yang direkomendasikan per tempat kampanye," terang Kafeero.(Baca juga: Protes UU Virus Corona Merkel, Demonstran Bentrok Lawan Polisi Jerman )

"Sebagai penegak hukum, kami tidak bisa berdiri dan menonton saat para politisi mempertaruhkan nyawa warga Uganda dengan mendorong prosesi dan demonstrasi besar-besaran, yang memicu transmisi Covid-19," tegasnya.

Penangkapan tersebut memicu protes di Kampala dan kota-kota besar lainnya, di mana para pendukung Wine menyalakan api di tengah jalan dan melemparkan batu ke arah polisi. Aksi ini berujung pada pembubaran oleh aparat keamanan dengan gas air mata dan peluru karet.

Kandidat presiden oposisi lainnya, Patrick Oboi Amuriat, juga ditangkap karena mengorganisir unjuk rasa tidak sah di kota Gulu di utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)