Dapat Akses Data Satelit AS, India Bisa Targetkan Aset Militer China

Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:26 WIB
loading...
Dapat Akses Data Satelit AS, India Bisa Targetkan Aset Militer China
AS dan India menandatangani perjanjian militer di tengah ketegangan dengan China. Foto/NDTV
A A A
NEW DELHI - Amerika Serikat (AS) dan India menegaskan kembali kemitraan pertahanan dan keamanan pada Selasa kemarin. Kesepakatan ini memungkinkan India untuk mengakses data satelit AS yang penting untuk menargetkan rudal dan aset militer lainnya.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper dan mitranya dari India Rajnath Singh mengumumkan penandatanganan Perjanjian Pertukaran dan Kerja Sama Dasar (BECA) di New Delhi antara kedua negara.

Esper mengatakan kemitraan AS-India lebih penting dari sebelumnya untuk keamanan dan stabilitas regional.

"Kami berdiri bahu membahu mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka untuk semua, terutama dalam kaitannya dengan meningkatnya agresi dan aktivitas destabilisasi oleh China," katanya dalam sambutan yang dibagikan oleh Departemen Luar Negeri.

Esper, bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, berada di India untuk bertemu Singh dan Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, untuk Dialog Menteri AS-India 2+2.(Baca juga: Peringatkan Ancaman China, AS Teken Perjanjian Militer dengan India )

BECA adalah perjanjian terakhir dari empat perjanjian pertahanan dasar antara kedua negara. AS biasanya menandatangani perjanjian semacam itu dengan sekutu dekatnya yang memungkinkan pertukaran informasi sensitif dan rahasia.

AS dan India sebelumnya telah menandatangani tiga pakta kerja sama lebih lanjut seputar logistik dan komunikasi militer. Pertama adalah Perjanjian Keamanan Umum Informasi Militer tahun 2002; kedua Nota Kesepakatan Pertukaran Logistik tahun 2016; dan ketiga Kesesuaian Komunikasi dan Perjanjian Keamanan tahun 2018.

Di bawah perjanjian BECA, India akan memiliki akses ke berbagai data topografi, laut dan aeronautika yang dipandang penting untuk menargetkan rudal dan drone bersenjata, Reuters melaporkan. Perjanjian ini juga akan memungkinkan AS untuk memberikan bantuan navigasi canggih dan sistem elektronik untuk penerbangan di pesawat yang dipasok AS ke India, kata kantor berita itu, mengutip sumber pertahanan India.

Singh mengatakan posisi perwira penghubung Angkatan Laut AS di pusat berbagi informasi Angkatan Laut India - Pusat Perpaduan India-Wilayah Samudra Hindia - dan penempatan seorang perwira penghubung India di Komando Pusat Angkatan Laut Amerika Serikat Bahrain dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan arsitektur berbagi informasi.

"Singkatnya, kerja sama militer-ke-militer kami berkembang sangat baik," tambah Singh seperti dilansir dari NBC News, Rabu (28/10/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)