Beredar Video Tentara Armenia Dieksekusi Pasukan Azerbaijan

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 12:04 WIB
loading...
A A A
Mereka duduk di dinding kecil dan terlihat bergerak sedikit. Kemudian seseorang memerintahkan dalam bahasa Azerbaijan: "Arahkan ke kepala mereka." Beberapa tembakan terdengar dan jasad para tahanan kemudian merosot ke tanah.

BBC telah mengkonfirmasi bahwa pria yang memberi perintah di kedua video tersebut adalah asli Azerbaijan dengan aksen daerah. Para narapidana dari video pertama juga tampaknya adalah para pria yang dieksekusi di video kedua karena mereka mengenakan pakaian yang sama.

BBC telah mempelajari klip tersebut dan mengonfirmasi bahwa mereka direkam di Hadrut, kota yang telah menjadi saksi pertempuran sengit kedua negara. Letaknya di selatan Nagorno-Karabakh, dekat Fuzuli.

Kemungkinan video tersebut direkam di beberapa titik antara 9-15 Oktober. Azerbaijan mengumumkan bahwa Hadrut telah direbut pada 9 Oktober, meskipun belakangan diketahui bahwa, meskipun mereka telah mengambil beberapa tempat strategis di sekitar kota, pertempuran sengit masih berlangsung untuk menguasai kota itu sendiri pada 12 Oktober.

Video pertama yang menunjukkan tentara Azerbaijan di pusat kota muncul pada 15 Oktober. Video POW keduanya muncul pertama kali pada 15 Oktober.

Penyelidik open source Bellingcat adalahpihak pertama yang mempublikasikan analisis mereka tentang keaslian video ini.(Baca juga: Parah, Masjid Dijadikan Kandang Babi di Wilayah Pendudukan Armenia )

Bellingcat mengidentifikasi lokasi dan periode waktu yang sama untuk kedua video tersebut dan mengonfirmasi bahwa helm dan senapan yang terlihat pada tentara cocok dengan yang digunakan setidaknya dalam beberapa kasus oleh prajurit Azerbaijan.

Dalam analisisnya, Belingcat menulis: "kedua orang ini memang kombatan Armenia yang ditangkap antara 9 Oktober dan 15 Oktober oleh tentara Azerbaijan, mungkin pasukan khusus, dan kemungkinan besar akan dieksekusi tidak lama kemudian".

Kementerian pertahanan Azerbaijan dengan cepat menyangkal bahwa itu adalah pasukan mereka dan menyebut video itu sebagai aksi provokasi.Video-video itu kemudian dihapus.

Keesokan harinya, jaksa penuntut Azerbaijan mengumumkan bahwa penyelidikan menyimpulkan video-video itu palsu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)