Parah, Masjid Dijadikan Kandang Babi di Wilayah Pendudukan Armenia

loading...
Parah, Masjid Dijadikan Kandang Babi di Wilayah Pendudukan Armenia
Tentara Azerbaijan terkejut melihat babi-babi di masjid bersejarah di kota Zangilan yang baru dibebaskan dari Armenia. Foto/Anadolu
A+ A-
BAKU - Rekaman video di telepon seluler (ponsel) menunjukkan satu masjid bersejarah yang dijadikan kandang babi di Zangilan, wilayah pendudukan Armenia.

Zangilan akhirnya berhasil direbut lagi oleh tentara Azerbaijan pada 20 Oktober. Kondisi mengejutkan itu pun terungkap saat para tentara Azerbaijan datang dan melihat kondisi masjid bersejarah itu.

Video yang diunggah di media sosial itu menunjukkan tentara Azerbaijan masuk masjid dan lihat babi-babi di tempat tersebut. Masjid bersejarah itu telah menjadi rusak parah dalam video itu.

Zangilan diduduki pasukan Armenia pada 29 Oktober 1993. Sejak pertempuran baru terjadi pada 27 September, Armenia terus menyerang warga sipil dan pasukan Azerbaijan, serta melanggar kesepakatan gencatan senjata kemanusiaan.



Dalam dua serangan rudal di Ganja, kota besar yang jauh dari garis depan, Armenia membunuh dua lusin warga sipil, termasuk anak-anak, dan melukai puluhan orang lainnya.

Kamis lalu, Armenia menargetkan warga sipil di sebuah pemakaman di kota barat Tartar, menewaskan empat orang dan melukai banyak orang lainnya. (Baca Juga: Sikap Netral Iran di Karabakh Atas Dianggap Untungkan Armenia)

Sejak 10 Oktober, Armenia telah melanggar dua gencatan senjata kemanusiaan di Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional. Gencatan senjata kemanusiaan baru mulai berlaku Sabtu lalu. (Lihat Infografis: CN-235 PTDI Siap Bersaing dalam Tender Pesawat Patroli Malaysia)



Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas.(Lihat Video: Tak Hanya Nama Jalan, UEA Segera Bangun Masjid Presiden Jokowi)
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top