Beredar Video Tentara Armenia Dieksekusi Pasukan Azerbaijan

loading...
Beredar Video Tentara Armenia Dieksekusi Pasukan Azerbaijan
Beredar video dua tentara Armenia dieksekui oleh pasukan Azerbaijan. Foto/BBC
A+ A-
STEPANAKERT - Di tengah berkecamuknya perang di Nagorno Karabakh, beredar dua buah video yang diposting di aplikasi pesan menunjukkan aksi eksekusi terhadap tentara Armenia oleh pasukan Azerbaijan. Kemunculan video itu berpotensi dilakukannya penyelidikan terhadap kejahatan perang di wilayah sengketa itu.

Dikutip dari BBC, Sabtu (24/10/2020) satu video memperlihatkan apa yang tampak seperti dua orang berseragam militer Armenia ditangkap oleh pasukan Azerbaijan. Video kedua menunjukkan orang Armenia yang sama ditembak dengan tangan di belakang punggung.

Pihak berwenang Armenia telah mengidentifikasi orang-orang itu sebagai Benik Hakobyan (73) dan Yuri Adamyan (25). Namun pihak Azerbaijan menganggap video itu palsu.

Video pertama menunjukkan seorang tentara Armenia Benik Hakobyan dan Yuri Adamyan ditawan.(Baca juga: Azerbaijan Tembak Jatuh 5 Drone Armenia, Perluas Wilayah)



Dalam video tersebut, seseorang yang berbicara bahasa Rusia dengan aksen Azerbaijan yang kental memerintahkan orang-orang itu berjalan ke depan, menyerahkan senjata apa pun, dan mengangkat tangan. Dia berbicara kepada tentara lain di Azerbaijan, menyuruh mereka untuk tidak memukul tawanan.

Tahanan yang lebih muda, Yuri Adamyan, kemudian melepas helm dan jaketnya sebelum mengangkat tangannya ke udara dan berjalan keluar.

Meski lelaki yang lebih tua, Benik Hakobyan, mengenakan jaket kamuflase gaya militer, tidak jelas apakah dia seorang tentara. Dia didorong ke tanah dan tampak mengerang kesakitan.



Video pertama diikuti oleh video kedua yang menunjukkan eksekusi kedua pria tersebut.
halaman ke-1 dari 4
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top