Beredar Video Tentara Armenia Dieksekusi Pasukan Azerbaijan

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 12:04 WIB
loading...
Beredar Video Tentara Armenia Dieksekusi Pasukan Azerbaijan
Beredar video dua tentara Armenia dieksekui oleh pasukan Azerbaijan. Foto/BBC
A A A
STEPANAKERT - Di tengah berkecamuknya perang di Nagorno Karabakh , beredar dua buah video yang diposting di aplikasi pesan menunjukkan aksi eksekusi terhadap tentara Armenia oleh pasukan Azerbaijan . Kemunculan video itu berpotensi dilakukannya penyelidikan terhadap kejahatan perang di wilayah sengketa itu.

Dikutip dari BBC, Sabtu (24/10/2020) satu video memperlihatkan apa yang tampak seperti dua orang berseragam militer Armenia ditangkap oleh pasukan Azerbaijan. Video kedua menunjukkan orang Armenia yang sama ditembak dengan tangan di belakang punggung.

Pihak berwenang Armenia telah mengidentifikasi orang-orang itu sebagai Benik Hakobyan (73) dan Yuri Adamyan (25). Namun pihak Azerbaijan menganggap video itu palsu.

Video pertama menunjukkan seorang tentara Armenia Benik Hakobyan dan Yuri Adamyan ditawan.(Baca juga: Azerbaijan Tembak Jatuh 5 Drone Armenia, Perluas Wilayah )

Dalam video tersebut, seseorang yang berbicara bahasa Rusia dengan aksen Azerbaijan yang kental memerintahkan orang-orang itu berjalan ke depan, menyerahkan senjata apa pun, dan mengangkat tangan. Dia berbicara kepada tentara lain di Azerbaijan, menyuruh mereka untuk tidak memukul tawanan.

Tahanan yang lebih muda, Yuri Adamyan, kemudian melepas helm dan jaketnya sebelum mengangkat tangannya ke udara dan berjalan keluar.

Meski lelaki yang lebih tua, Benik Hakobyan, mengenakan jaket kamuflase gaya militer, tidak jelas apakah dia seorang tentara. Dia didorong ke tanah dan tampak mengerang kesakitan.

Video pertama diikuti oleh video kedua yang menunjukkan eksekusi kedua pria tersebut.



Tangan para tahanan tampaknya terikat di belakang mereka dan dibungkus dengan bendera Armenia dan republik Nagorno-Karabakh yang tidak diakui.

Mereka duduk di dinding kecil dan terlihat bergerak sedikit. Kemudian seseorang memerintahkan dalam bahasa Azerbaijan: "Arahkan ke kepala mereka." Beberapa tembakan terdengar dan jasad para tahanan kemudian merosot ke tanah.

BBC telah mengkonfirmasi bahwa pria yang memberi perintah di kedua video tersebut adalah asli Azerbaijan dengan aksen daerah. Para narapidana dari video pertama juga tampaknya adalah para pria yang dieksekusi di video kedua karena mereka mengenakan pakaian yang sama.

BBC telah mempelajari klip tersebut dan mengonfirmasi bahwa mereka direkam di Hadrut, kota yang telah menjadi saksi pertempuran sengit kedua negara. Letaknya di selatan Nagorno-Karabakh, dekat Fuzuli.

Kemungkinan video tersebut direkam di beberapa titik antara 9-15 Oktober. Azerbaijan mengumumkan bahwa Hadrut telah direbut pada 9 Oktober, meskipun belakangan diketahui bahwa, meskipun mereka telah mengambil beberapa tempat strategis di sekitar kota, pertempuran sengit masih berlangsung untuk menguasai kota itu sendiri pada 12 Oktober.

Video pertama yang menunjukkan tentara Azerbaijan di pusat kota muncul pada 15 Oktober. Video POW keduanya muncul pertama kali pada 15 Oktober.

Penyelidik open source Bellingcat adalahpihak pertama yang mempublikasikan analisis mereka tentang keaslian video ini.(Baca juga: Parah, Masjid Dijadikan Kandang Babi di Wilayah Pendudukan Armenia )

Bellingcat mengidentifikasi lokasi dan periode waktu yang sama untuk kedua video tersebut dan mengonfirmasi bahwa helm dan senapan yang terlihat pada tentara cocok dengan yang digunakan setidaknya dalam beberapa kasus oleh prajurit Azerbaijan.

Dalam analisisnya, Belingcat menulis: "kedua orang ini memang kombatan Armenia yang ditangkap antara 9 Oktober dan 15 Oktober oleh tentara Azerbaijan, mungkin pasukan khusus, dan kemungkinan besar akan dieksekusi tidak lama kemudian".

Kementerian pertahanan Azerbaijan dengan cepat menyangkal bahwa itu adalah pasukan mereka dan menyebut video itu sebagai aksi provokasi.Video-video itu kemudian dihapus.

Keesokan harinya, jaksa penuntut Azerbaijan mengumumkan bahwa penyelidikan menyimpulkan video-video itu palsu.

Azerbaijan juga mempertanyakan keaslian video tersebut, dengan menunjukkan kurangnya darah akibat penembakan tersebut, tetapi pakar militer yang diwawancarai oleh BBC mengatakan video tersebut terlihat asli.

"Hollywood memberikan refleksi yang buruk tentang seperti apa luka tembak itu," kata Rob Lee, seorang ahli militer dari Departemen Studi Perang di King's College London.

BBC berbicara dengan mantan perwira intelijen militer Inggris yang setuju untuk berbicara tanpa menyebut nama karena alasan keamanan. Mereka berkata: "Ini adalah peluru sungguhan, ini adalah pembunuhan yang nyata. Ini asli, dan saya tidak melihat alasan untuk menganggap itu dipentaskan."

"Materi otak bisa terlihat keluar dari luka tembak," kata petugas itu.

Pembela hak asasi manusia Armenia, Arman Tatoyan, secara resmi menyebut eksekusi dua tawanan perang oleh Azerbaijan sebagai kejahatan perang yang tak terbantahkan.(Baca juga: PM Armenia Minta Rakyatnya Angkat Senjata Lawan Azerbaijan )

"Dalam video ini, anggota tentara Azerbaijan mempermalukan tawanan perang dan kemudian secara brutal membunuh mereka dengan sinisme yang ekstrim," tulisnya di Facebook.

Dia mengatakan perwakilan Armenia di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa telah meminta salinan video tersebut. Tatoyan mengatakan dia akan berbagi video itu dengan komisaris hak asasi manusia PBB, Dewan Eropa dan badan internasional lainnya.

Seorang juru bicara Komisaris Dewan Eropa untuk Hak Asasi Manusia, Dunja Mijatovic, membenarkan bahwa materi telah diterima dan komisaris akan mengikuti situasi dengan cermat serta dia akan menyelidiki semua tuduhan pelanggaran berat hak asasi manusia dan mengambil tindakan jika dianggap perlu.

Seorang juru bicara dari Komite Internasional Palang Merah mengatakan kepada BBC bahwa meskipun organisasi tersebut menindaklanjuti semua tuduhan tersebut, namun tidak berbicara secara terbuka tentang insiden tertentu.

Ombudsman hak asasi manusia Nagorno-Karabakh Artak Beglaryan mengatakan kepada BBC bahwa pria dalam video itu adalah dua warga setempat. Dia mengatakan Benik Hakobyan bukanlah seorang tentara tetapi seorang warga sipil dari Hadrut dan Yuri Adamyan kemungkinan besar adalah seorang tentara dari desa tetangga.

Sejak kemunculan video dari Hadrut, kedua belah pihak telah merilis pernyataan yang mengidentifikasi beberapa tawanan perang. Azerbaijan menunjukkan dua tawanan Armenia menerima perawatan medis dan orang-orang Armenia menunjukkan gambar seorang tahanan Azerbaijan yang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Karabakh.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)