Dokumen Rencana Serangan Israel ke Iran yang Bocor Sebenarnya Hanya Bisa Dilihat Five Eyes

Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:18 WIB
loading...
A A A


"Jika benar bahwa rencana taktis Israel untuk menanggapi serangan Iran pada tanggal 1 Oktober telah bocor, itu adalah pelanggaran serius," kata Mick Mulroy, mantan wakil asisten menteri pertahanan untuk Timur Tengah dan seorang pensiunan perwira CIA.

Mulroy menambahkan bahwa "koordinasi masa depan antara AS dan Israel juga dapat ditantang. Kepercayaan adalah komponen kunci dalam hubungan tersebut, dan tergantung pada bagaimana ini dibocorkan, kepercayaan itu dapat terkikis."

Dewan Keamanan Nasional merujuk CNN ke Kantor Direktur Intelijen Nasional dan Pentagon untuk dimintai komentar. Pentagon dan Badan Intelijen Geospasial Nasional menolak berkomentar. CNN telah menghubungi Badan Keamanan Nasional untuk dimintai komentar.

Pejabat AS lainnya mengatakan bahwa "kedua dokumen ini buruk, tetapi tidak mengerikan. Kekhawatirannya adalah jika ada lebih banyak lagi."

Tidak jelas bagaimana dokumen tersebut menjadi publik, atau apakah dokumen tersebut diretas atau sengaja dibocorkan. AS sudah sangat waspada terhadap kampanye peretasan Iran — badan intelijen AS mengatakan pada bulan Agustus bahwa Iran telah meretas dokumen milik kampanye Donald Trump.

Axios pertama kali melaporkan dokumen yang bocor pada hari Sabtu.

Kebocoran besar intelijen AS tahun lalu juga membebani hubungan AS dengan sekutu dan mitra, termasuk Korea Selatan dan Ukraina, setelah seorang anggota Garda Nasional Udara berusia 21 tahun memposting informasi yang sangat rahasia di platform media sosial Discord.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)