AS Rilis Foto Rudal Iran yang Disita

Jum'at, 06 Desember 2019 - 20:01 WIB
AS Rilis Foto Rudal Iran yang Disita
AS Rilis Foto Rudal Iran yang Disita
A A A
WASHINGTON - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) merilis sejumlah foto senjata dan komponen rudal Iran yang disita Angkatan Laut AS di Laut Arab. Perwakilan Khusus AS untuk Iran Brian Hook mengatakan senjata dan komponen rudal tersebut akan dikirim ke milisi Houthi di Yaman.

"Penyitaan itu terjadi pada 25 November ketika sebuah kapal perang AS melakukan pemeriksaan bendera secara rutin di perairan internasional di lepas pantai Yaman," kata Hook dalam sebuah video yang diposting di akun twitter Departemen Luar Negeri seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (6/12/2019).

Ketika para pelaut melihat sebuah perahu kayu kecil yang tidak memajang bendera negara, personel Angkatan Laut dan Penjaga Pantai berhenti dan naik ke kapal untuk memeriksa dan menemukan senjata. (Baca: Kapal Perang AS Sita Komponen Rudal Iran yang Dikirim ke Yaman )

"Penyitaan meliputi senjata canggih, komponen canggih dari rudal jelajah anti-kapal, rudal jelajah serangan darat, rudal pertahanan udara, dan rudal anti-tank," tutur Hook.

"Komponen senjata terdiri dari senjata paling canggih yang disita oleh Angkatan Laut AS hingga saat ini, selama konflik Yaman," imbuhnya.

AS telah secara konsisten menuduh Iran menyelundupkan senjata secara ilegal kepada Houthi yang memerangi pemerintah Yaman dan telah menyita senjata yang lebih kecil dan kurang canggih dalam perjalanan.

Penyelundupan senjata ke Yaman adalah pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5092 seconds (0.1#10.140)