Angkatan Laut AS Sita Ribuan Senapan Serbu Iran yang Dikirim ke Yaman

Rabu, 11 Januari 2023 - 10:35 WIB
loading...
Angkatan Laut AS Sita Ribuan Senapan Serbu Iran yang Dikirim ke Yaman
Angkatan Laut AS Sita Ribuan Senapan Serbu Iran yang Dikirim ke Yaman. FOTO/US Navy
A A A
DUBAI - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyita lebih dari 2.100 senapan serbu dari sebuah kapal di Teluk Oman yang diyakini berasal dari Iran dan ditujukan untuk pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman, kata seorang juru bicara Angkatan Laut AS, Selasa (10/1/2023).

Penyitaan terjadi setelah tim dari USS Chinook, kapal patroli pantai kelas Cyclone, menaiki kapal layar kayu tradisional yang dikenal sebagai dhow. “Mereka menemukan senapan gaya Kalashnikov yang dibungkus satu per satu dengan terpal hijau di atas kapal,” kata Komodor Timothy Hawkins, juru bicara Armada ke-5 Angkatan Laut yang berbasis di Timur Tengah.



Chinook, bersama dengan kapal patroli USS Monsoon dan kapal perusak berpeluru kendali USS The Sullivans, menguasai senjata tersebut. Mereka mirip dengan senapan serbu lain yang sebelumnya disita oleh Angkatan Laut, diduga dari Iran dan menuju ke Yaman.

“Ketika kami mencegat kapal itu, kapal itu berada di rute yang secara historis digunakan untuk lalu lintas kargo ilegal ke Houthi di Yaman,” kata Hawkins kepada The Associated Press. “Kru Yaman menguatkan asalnya,” lanjutnya.

Awak Yaman, tambah Hawkins, akan dipulangkan kembali ke bagian Yaman yang dikuasai pemerintah. Embargo senjata PBB telah melarang transfer senjata ke Houthi sejak 2014, ketika perang saudara Yaman meletus.



Iran telah lama membantah mempersenjatai Houthi, bahkan ketika telah mentransfer senapan, granat berpeluncur roket, rudal, dan persenjataan lainnya ke milisi Yaman menggunakan jalur laut. Pakar independen, negara-negara Barat, dan pakar PBB telah melacak komponen yang disita di atas kapal lain yang ditahan hingga ke Iran.

Misi Iran untuk PBB tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Selasa. Houthi merebut ibu kota Yaman, Sanaa, pada September 2014 dan memaksa pemerintah yang diakui secara internasional ke pengasingan.

Koalisi yang dipimpin Saudi yang dipersenjatai dengan persenjataan dan intelijen AS memasuki perang di pihak pemerintah Yaman di pengasingan pada Maret 2015. Pertempuran tanpa hasil selama bertahun-tahun telah mendorong negara termiskin di dunia Arab itu ke jurang kelaparan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)