alexametrics

Kapal Perang AS Sita Komponen Rudal Iran yang Dikirim ke Yaman

loading...
Kapal Perang AS Sita Komponen Rudal Iran yang Dikirim ke Yaman
Kapal perang AS USS Forrest Sherman. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan sebuah kapal perang Angkatan Laut Amerika telah menyita komponen yang diduga rudal Iran yang dikirim ke pemberontak Yaman. Ini pertama kalinya komponen canggih tersebut disita dalam perjalanan menuju wilayah yang tengah dilanda konflik itu.

Komponen rudal tersebut disita dari sebuah perahu kecil oleh Angkatan Laut AS dan tim asrama Penjaga Pantai AS pada Rabu lalu di Laut Arab utara, dan senjata-senjata itu telah dikaitkan dengan Iran seperti dikutip dari AP, Kamis (5/12/2019).

Menurut para pejabat, USS Forrest Sherman sedang melakukan operasi maritim rutin ketika para pelaut melihat sebuah perahu kayu kecil yang tidak memajang bendera negara. Personel Angkatan Laut AS dan Penjaga Pantai berhenti, naik ke kapal untuk memeriksa dan menemukan senjata.



Pejabat tidak memberikan jumlah tepat rudal atau bagian tetapi menggambarkannya sebagai cache signifikan dan mengatakan sedang menuju ke Yaman. Mereka mengatakan kapal kecil itu kemudian ditarik ke pelabuhan karena kebocoran ditemukan selama inspeksi, dan orang-orang di atas kapal dipindahkan ke Penjaga Pantai Yaman. Para pejabat tidak mengatakan dari mana awak kapal kecil itu berasal. Senjata-senjata itu masih berada di atas kapal AS.

Para pejabat mengatakan AS masih memeriksa senjata tersebut secara spesifik untuk mengetahui asal mereka. Tetapi mereka mengatakan komponen-komponen rudal itu memiliki semua keunggulan yang dimiliki senjata Iran yang sebelumnya telah ditemukan di Yaman atau Arab Saudi.

Para pejabat AS mengatakan insiden itu menggambarkan penyelundupan senjata ilegal secara terus menerus kepada pemberontak Houthi dan terjadi ketika Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bertemu, dengan Iran menjadi topik utama.

Para pejabat berbicara dengan syarat anonim untuk menggambarkan misi militer yang sensitif.

AS secara konsisten menuduh Iran menyelundupkan senjata secara ilegal kepada pemberontak Houthi yang memerangi pemerintah Yaman dan telah menyita senjata yang lebih kecil dan kurang canggih.

Setidaknya dalam empat kesempatan selama 2015 dan 2016, AS menyita sejumlah senjata yang dicurigai berasal dari Iran selama inspeksi. Namun, dalam kasus-kasus itu, jumlahnya lebih kecil dan kurang canggih.

Komponen-komponen rudal yang ditemukan dalam insiden terbaru ini digambarkan lebih maju daripada yang lainnya yang sebelumnya disita.

Penyelundupan senjata ke Yaman adalah pelanggaran resolusi Dewan Keamanan AS.

Pemberontak Houthi menguasai sebagian besar Yaman utara, dan koalisi yang dipimpin Saudi, bersekutu dengan pemerintah yang diakui internasional, telah memerangi mereka sejak 2015. Gencatan senjata terlokalisasi di pelabuhan Hodeida ditengahi Desember lalu oleh PBB tetapi tidak pernah sepenuhnya diimplementasikan.

Arab Saudi telah mengadakan pembicaraan tidak langsung dengan Houthi di Oman, dan para pejabat mengatakan sedang membangun momentum dalam upaya lain untuk mengakhiri perang.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak