Eks Wapres AS Biden: Tarik Bantuan Israel Benar-benar Keterlaluan

Sabtu, 02 November 2019 - 09:33 WIB
Eks Wapres AS Biden: Tarik Bantuan Israel Benar-benar Keterlaluan
Eks Wapres AS Biden: Tarik Bantuan Israel Benar-benar Keterlaluan
A A A
WASHINGTON - Para bakal calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, termasuk Bernie Sanders, menyerukan penarikan bantuan Israel untuk menghentikan pendudukan di Tepi Barat, Palestina. Namun, mantan wakil presiden (wapres) Joe Biden mengecamnya dan menganggap seruan itu keterlaluan.

Biden juga merupakan bakal capres dari Partai Demokrat. Kecaman mantan wapres era Barack Obama ini disampaikan saat wawancaranya dengan Wall Street Journal, kemarin.

Dalam beberapa bulan terakhir Senator Bernie Sanders telah beberapa kali menyatakan bahwa ia mendukung pengkondisian bantuan yang diberikan AS kepada Israel. Dia setuju bantuan itu ditarik sebagai upaya menekan pemerintah Israel untuk mengakhiri pendudukan.

Sanders, dalam pidatonya di depan konferensi J Street di Washington pekan ini, mengatakan beberapa bantuan yang diberikan kepada Israel oleh AS semestinya digunakan untuk memperbaiki situasi di Gaza.

Bakal capres dari Demokrat lainnya, seperti Senator Elizabeth Warren, belum melangkah sejauh Sanders, tetapi menyatakan dukungan terbuka atas gagasan itu. Pete Buttigieg, seorang bakal capres muda yang saat ini menjadi Wali Kota South Bend, Indiana, mengatakan bahwa jika Israel akan mencaplok bagian-bagian Tepi Barat, ia akan memastikan bahwa bantuan uang Amerika tidak digunakan untuk mendukung tindakan tersebut.

Biden belum membuat pernyataan yang jelas tentang masalah ini sampai akhirnya menghadapi pertanyaan tentang hal itu pada hari Kamis. "Saya sudah di catatan sejak awal menentang pemukiman, dan saya pikir itu kesalahan. Tetapi gagasan bahwa kami akan menarik bantuan militer dari Israel, dengan syarat mereka mengubah kebijakan tertentu, saya merasa benar-benar keterlaluan," katanya, seperti dikutip Haaretz, Sabtu (2/11/2019).

Biden menambahkan bahwa saran Sanders, dalam pandangannya, adalah kesalahan besar. Dia berharap gagasan itu diambil di luar konteks.

Biden bukan satu-satunya bakal capres Demokrat yang mengekspresikan oposisi terhadap gagasan itu. Awal pekan ini di konferensi J Street, Senator Amy Klobuchar dari Minnesota dan Michael Bennet dari Colorado juga berbicara menentang gagasan penarikan bantuan untuk Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5712 seconds (0.1#10.140)