Alasan Amerika Serikat Tak Mengakui Palestina sebagai Negara Merdeka

Kamis, 03 November 2022 - 17:05 WIB
loading...
Alasan Amerika Serikat Tak Mengakui Palestina sebagai Negara Merdeka
Warga Palestina bentrok dengan pasukan Israel di Hebron, Tepi Barat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Konflik Israel dan Palestina masih terjadi hingga saat ini. Konflik berawal dari orang Yahudi yang ingin mendirikan negara Israel serta orang Palestina yang ingin mendirikan negaranya.

Diketahui, kedua pihak ingin mendirikan negara di wilayah yang sama hingga akhirnya muncul konflik.

Ketegangan pun terjadi ketika Inggris mendirikan “rumah nasional” di Palestina untuk orang Yahudi. Bagi orang Yahudi, wilayah tersebut merupakan tanah air leluhur mereka, begitu juga dengan orang Arab.

Pada 1947, PBB memutuskan wilayah Palestina dibagi dua negara terpisah untuk Yahudi dan Arab.



Aturan tersebut diterima oleh Yahudi, namun ditolak oleh Arab. Sementara Yerusalem ditetapkan sebagai kota internasional.

Palestina mendeklarasikan kemerdekaan pada 15 November 1988. Meskipun telah mendeklarasikan sebagai negara merdeka, namun statusnya sebagai negara berdaulat masih menjadi perdebatan di dunia.

Beberapa negara telah mengakui negara Palestina, tetapi ada juga negara yang hingga saat ini belum mengakui Palestina. Salah satu negara yang belum mengaku Palestina adalah Amerika Serikat (AS).



Amerika Serikat serta kebanyakan negara Barat belum mengakui Palestina sebagai negara lantaran mereka lebih mendukung Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)