Mengapa Israel Selalu Didukung Penuh oleh Amerika Serikat?

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:44 WIB
loading...
Mengapa Israel Selalu Didukung Penuh oleh Amerika Serikat?
Tentara Israel bersenjata lengkap menangkap seorang anak Palestina secara kasar di Ramallah, Tepi Barat. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Amerika Serikat (AS) terus membela Israel tanpa syarat. Apapun yang terjadi dan bagaimana pun kondisinya, rezim Zionis itu tampaknya bisa berbuat apapun dengan kekebalan hukum.

Dukungan dari Amerika yang tak tergoyahkan untuk Israel berakar setelah Perang Dunia II, Perang Dingin, pengaruh politik pro-Israel, dan beban Public Relations (PR).

Setiap calon Presiden Amerika Serikat selalu berlomba menunjukkan kedekatan personal pada Israel, dan jarang sekali bahkan tidak pernah Amerika Serikat mengecam Israel meski rezim Zionis berkelakuan tidak terpuji.



Sudah dari awal mantan Presiden AS Harry Truman adalah pemimpin dunia pertama yang mengakui Israel ketika didirikan pada tahun 1948. Sebagian karena ikatan pribadi.

Mantan mitra bisnis Truman, Edward Jacobson, memainkan peran penting dalam meletakkan dasar bagi AS dalam mengakui Israel sebagai sebuah negara. Tetapi ada juga pertimbangan strategis yang mendorong keputusan tersebut.

Hubungan dekat antara AS dan Israel ini menjadi salah satu fitur yang paling menonjol dalam kebijakan luar negeri AS selama hampir tiga puluh lima tahun.



Bantuan militer dan ekonomi yang senilai lebih dari USD3 miliar tersebut dikirim setiap tahun ke Israel oleh Amerika serta jarang dipertanyakan di Kongres, bahkan oleh kaum liberal dan konservatif yang biasanya menentang bantuan AS kepada pemerintah yang terlibat pelanggaran hak asasi manusia.

Hampir semua negara Barat berbagi dukungan kuat Amerika Serikat untuk hak sah Israel untuk hidup dalam perdamaian dan keamanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)