AS Mampu Hancurkan Seluruh Lokasi Peluncuran Nuklir Rusia dan China, tapi...

Kamis, 05 September 2024 - 13:35 WIB
loading...
A A A
Plesch dan Galileo berpendapat bahwa tidak ada diskusi publik yang cukup tentang kemampuan strategis AS jika terjadi konfrontasi besar, dengan alasan bahwa perdebatan tentang konflik yang melibatkan Rusia dan China cenderung difokuskan pada dinamika regional, seperti perang di Ukraina atau kemungkinan invasi ke Taiwan.

“Kekuatan konvensional global AS diremehkan, yang mengancam realitas dan persepsi stabilitas strategis,” tulis mereka, menambahkan bahwa penggunaan senjata nuklir hibrida bersama rudal konvensional akan memperumit gambaran yang sudah menegangkan.

Meskipun sedikit yang percaya bahwa konfrontasi besar antara AS dan Rusia atau China mungkin terjadi, invasi Ukraina telah meningkatkan ketidakpastian global secara dramatis.

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan pada bulan Maret bahwa Moskow akan bersedia menggunakan senjata nuklir jika kedaulatan atau kemerdekaannya terancam.

Kedua pakar berpendapat bahwa kekhawatiran strategis adalah apakah Rusia atau China takut dengan kemampuan militer AS sampai-sampai mereka membenarkan perlombaan senjata baru.

"Penilaian Ancaman AS 2024 sendiri menyoroti ketakutan China terhadap serangan pertama AS sebagai motif penumpukan senjata nuklir China," kata mereka.

"Kekuatan kemampuan rudal konvensional AS sedemikian rupa sehingga menekan Rusia dan China untuk menempatkan rudal mereka pada pemicu cepat, siap untuk diluncurkan segera," lanjut para pakar, yang dilansir The Guardian.

"AS akan menjadi pihak yang menerima setiap peluncuran yang salah yang dilakukan salah satu dari mereka."

Tahun lalu, China mulai mengerahkan sejumlah kecil senjata nuklir—total 24—dengan peluncurnya, menurut penelitian dari Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI)—dan AS memperingatkan bahwa mereka mungkin harus meningkatkan jumlah hulu ledak yang dikerahkan sebagai respons.

Plesch dan Galileo memperingatkan bahwa perubahan dalam kekuatan militer terjadi pada saat pengendalian senjata sedang menurun.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)