AS Mampu Hancurkan Seluruh Lokasi Peluncuran Nuklir Rusia dan China, tapi...

Kamis, 05 September 2024 - 13:35 WIB
loading...
AS Mampu Hancurkan Seluruh...
Para pakar menilai AS dan sekutunya mampu menghancurkan seluruh lokasi peluncuran nuklir Rusia dan China, namun itu justru bisa memicu situasi geopolitik yang tak stabil. Foto/USAF via Military.com
A A A
WASHINGTON - Para pakar mengatakan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya mampu mengancam dan menghancurkan seluruh lokasi peluncuran nuklir Rusia dan China dengan senjata konvensional.

Namun, itu justru bisa menciptakan situasi geopolitik yang tidak stabil.

Profesor Dan Plesch dan Manuel Galileo, dari Universitas Soas London, menggambarkan "revolusi diam-diam dalam urusan militer" yang mencerminkan peningkatan kekuatan militer AS relatif terhadap Moskow dan Beijing, khususnya dalam teknologi rudal.

Mereka berpendapat bahwa hal ini dapat menciptakan kondisi untuk perlombaan senjata baru saat China dan Rusia mencoba merespons—dan bahkan menciptakan risiko salah perhitungan dalam krisis besar karena salah satu negara itu dapat menggunakan peluncuran senjata nuklir untuk mengungguli AS.



Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada hari Kamis (5/9/2024), Plesch dan Galileo menulis bahwa AS memiliki kapasitas yang masuk akal saat ini dengan kekuatan non-nuklir untuk mendahului kekuatan nuklir Rusia dan China—yang memberinya keunggulan militer atas kedua negara tersebut.

Menurut perkiraan mereka, ada 150 lokasi peluncuran nuklir jarak jauh Rusia dan 70 di China, sekitar 2.500 km (1.550 mil) dari perbatasan terdekat, yang semuanya dapat dicapai oleh rudal jelajah JASSM dan Tomahawk yang diluncurkan dari udara oleh AS dalam waktu lebih dari dua jam dalam serangan awal yang dirancang untuk mencegah peluncuran senjata nuklir.

"AS dan sekutunya dapat mengancam bahkan kekuatan strategis Rusia dan China yang paling tersembunyi dan bergerak," tulis para pakar tersebut, dengan perkiraan 3.500 JASSM dan 4.000 Tomahawk tersedia bagi AS dan sekutunya.

Perkembangan baru juga berarti bahwa JASSM (Joint Air-to-Surface Standoff Missiles) dapat diluncurkan di atas palet, menggunakan sistem Rapid Dragon, dari pesawat angkut militer standar yang tidak dimodifikasi, seperti C-17 Globemaster atau C-130 Hercules.

“Analisis kami memperkirakan bahwa hanya sistem strategis Rusia dan sistem strategis China yang terkubur dalam yang dapat dianggap dapat bertahan hidup dalam menghadapi serangan rudal konvensional dan jauh lebih rentan daripada yang biasanya dipertimbangkan,” imbuh mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)