Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Senin, 02 September 2024 - 14:10 WIB
loading...
Mampukah Ukraina Bertahan...
Ukraina memiliki ambisi untuk menang melawan Rusia pada 2025. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Ukraina memiliki tujuan militer yang ambisius untuk tahun ini. Mereka ingin bertahan, tapi menjemput kemenangan pada 2025.

Ini adalah tahun ketiga perang skala penuh negara itu dengan Rusia dan satu dekade sejak Moskow mencaplok Krimea dan memicu konflik di Ukraina timur. Setelah putus asa karena serangan awal, diikuti oleh harapan yang membumbung tinggi untuk pembalikan yang cepat, fakta-fakta di garis depan sekarang menunjukkan tahun stagnasi.

Tentara Ukraina kelelahan dan militernya kekurangan amunisi artileri dan roket pertahanan udara, sementara senjata seperti jet tempur F-16 dan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) MGM-140 buatan AS belum tiba dalam jumlah yang signifikan.

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

1. Tahun 2024 Menjadi Tahun Pemulihan

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Tahun ini akan menjadi tahun "pemulihan dan persiapan di kedua belah pihak, seperti tahun 1916 dan 1941-42 dalam perang dunia terakhir," kata Marc Thys, yang pensiun sebagai wakil kepala pertahanan Belgia tahun lalu dengan pangkat letnan jenderal.

Untuk menilai prospek tahun mendatang, POLITICO meminta analis, perwira yang masih bertugas, dan pakar militer untuk memberikan pandangan mereka tentang jalannya perang.

Tidak seorang pun dapat memberikan peta jalan yang tepat untuk tahun 2024, tetapi semua sepakat bahwa tiga hal mendasar akan menentukan lintasan bulan-bulan mendatang. Pertama, musim semi ini adalah tentang mengelola ekspektasi karena Ukraina tidak akan memiliki perlengkapan atau personel untuk melancarkan serangan balasan yang signifikan; kedua, Rusia, dengan bantuan sekutunya, telah mengamankan keunggulan artileri dan, bersama dengan serangan darat yang tiada henti, menggempur posisi Ukraina; dan ketiga, tanpa pertahanan udara Barat dan rudal jarak jauh serta peluru artileri, Kyiv akan berjuang untuk membangun pertahanan yang kredibel dan berkelanjutan.

"Tahun ini akan sulit, tidak seorang pun dapat memprediksi dari arah mana Rusia akan bergerak atau apakah kita akan maju tahun ini," kata Taras Chmut, seorang analis militer Ukraina dan sersan di Cadangan Korps Marinir Angkatan Laut.

Namun, jelas bahwa Ukraina sedang dalam posisi yang kurang menguntungkan.

2. Fokus pada Pertahanan

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Setelah berminggu-minggu pertempuran berdarah, Rusia akhirnya merebut kota benteng Avdiivka bulan ini. Tanpa jeda, militernya melanjutkan serangan ke titik kuat dan pusat logistik Ukraina lainnya: Robotyne di wilayah Zaporizhzia, Kupiansk di Kharkiv, dan Chasiv Yar di wilayah Donetsk.

"Faktor kritisnya adalah kemampuan Ukraina untuk membangun posisi pertahanan yang menguntungkan," kata seorang perwira Jerman yang memantau konflik tersebut kepada POLITICO dengan syarat anonim.

Rusia mampu maju karena tidak terlalu peduli dengan nyawa pasukannya. Militer Ukraina memperkirakan bahwa perebutan Avdiivka menyebabkan Rusia kehilangan 47.000 tentara, sementara Andrey Morozov, seorang blogger pro-militer Rusia yang kemudian bunuh diri, menulis bahwa tentara kehilangan 16.000 orang. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperkirakan Rusia kehilangan tujuh orang untuk setiap orang Ukraina yang tewas.

Selain mengabaikan kerugiannya sendiri, Rusia mampu mengalahkan pertahanan Ukraina dengan keunggulan artilerinya.

Perkiraan produksi dan perolehan peluru tahunan Rusia berkisar antara 1 juta hingga 4,5 juta. "Volume ini jauh melebihi jumlah amunisi artileri yang tersedia untuk Ukraina," catat sebuah studi Kementerian Pertahanan Estonia.

3. Didukung Penuh Barat

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Sebaliknya, negara-negara Barat tengah berlomba-lomba untuk meningkatkan produksi amunisi mereka sendiri, dengan AS berencana untuk memproduksi hingga sekitar 1 juta peluru setiap tahunnya pada akhir tahun 2025 dari total 190.000 sebelum perang.

Rusia juga telah dibantu oleh pengiriman pesawat nirawak dari Iran dan sebanyak satu juta peluru dari Korea Utara, dan telah menggunakan sedikitnya 24 rudal balistik Korea Utara untuk menyerang Ukraina sejak awal tahun, kata Jaksa Agung Ukraina Andriy Kostin.

Sementara itu, Ukraina mengalami kekurangan peluru yang memaksa pasukan garis depannya untuk membatasi tembakan dan mengandalkan teknologi tidak konvensional seperti pesawat nirawak untuk menahan serangan Rusia.

Kyiv berusaha meningkatkan produksi dalam negeri, tetapi kemajuannya lambat.

Janji Uni Eropa untuk mengirim satu juta peluru pada bulan Maret ternyata jauh dari kenyataan; mungkin hanya 300.000 yang telah dikirim.

AS mungkin telah mengirim sebanyak 2 juta peluru 155 milimeter sejak perang dimulai, tetapi persediaan tersebut telah habis karena kebuntuan politik di Washington mengenai bantuan militer ke Ukraina.

Permintaan tersebut, menurut salah satu orang yang diberi pengarahan dalam panggilan tersebut yang tidak disebutkan namanya untuk membahas percakapan tersebut, mencerminkan beberapa perubahan penting dalam cara Ukraina berencana untuk berperang tahun ini dan menunjukkan bagaimana perang telah berubah sejak awal.

Seperti biasa, lebih banyak sistem pertahanan udara berada di urutan teratas, tetapi alih-alih pesawat tempur atau tank, Kyiv mencari pesawat tanpa awak untuk pengawasan dan serangan jarak jauh, diikuti oleh sistem peperangan elektronik untuk mengganggu pesawat tanpa awak dan rudal balistik Rusia yang menargetkan garis depan Ukraina dan infrastruktur sipil.

Apakah Barat akan melakukan yang lebih baik dalam beberapa bulan mendatang dalam memasok Ukraina akan menentukan apakah mereka dapat bertahan tahun ini, kata Justin Bronk, seorang peneliti senior di lembaga pemikir Royal United Services Institute.

"Menjaga pasokan amunisi [rudal permukaan-ke-udara] untuk sistem pertahanan udara Ukraina di Barat dan sisa peninggalan Soviet akan menjadi tugas penting bagi mitra Barat pada tahun 2024," kata Bronk.

4. Memanggil Tentara Cadangan

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Intelijen AS mengatakan 315.000 tentara Rusia telah tewas atau terluka sejak pertempuran dimulai, tetapi Kremlin terus mendukung perang dengan lebih banyak pasukan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tahun lalu bahwa Rusia memiliki 617.000 tentara di Ukraina, dan masih banyak lagi yang akan datang. Populasi Rusia tiga kali lipat dari Ukraina, yang sejauh ini memungkinkan Putin menghindari pemanggilan yang lebih luas dan sebaliknya mengandalkan pasukan kontrak dan mengosongkan penjara negara untuk menyediakan umpan meriam.

"Aliran pasukan kita yang siap membela kepentingan tanah air dengan senjata di tangan mereka tidak berkurang," kata Putin dalam konferensi pers tahunannya pada 14 Desember.

Tentara Ukraina berjumlah 800.000 orang, dengan cadangan lebih dari satu juta. Upaya untuk meningkatkan jumlah tersebut dengan menurunkan usia wajib militer dari 27 menjadi 25 tahun — yang akan menambah sekitar 400.000 orang ke dalam angkatan darat — telah menemui tentangan sengit. Namun, para jenderal Ukraina membutuhkan lebih banyak orang untuk dapat merotasi prajurit yang kelelahan dari garis depan dan untuk membangun unit baru pasukan yang terlatih dan beristirahat.


5. Fokus Menang pada 2025

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Tahun ini "akan menjadi tahun pembangunan dan pertahanan strategis bagi Ukraina dan komunitas Euro-Atlantik — waktu untuk membangun pangkalan militer dan industri yang diperlukan," kata Menteri Pertahanan Estonia Hanno Pevkur.

"Pada tahun 2025, Ukraina dapat memiliki keterampilan dan sarana yang memadai untuk mengalahkan Rusia." Namun, Rusia adalah target yang terus bergerak, setelah menempatkan ekonominya pada posisi siap perang dan kini memproduksi tank, pesawat, rudal, dan artileri baru, serta menjarah gudang-gudang peralatan dan amunisi era Soviet.

Sebagian besar orang Eropa mendukung Kyiv, tetapi mayoritas yang sangat besar berpikir bahwa negara itu akan kalah dalam perang.

Di Ukraina, 85 persen penduduk masih percaya bahwa negara mereka akan menang, tetapi semakin sedikit yang dapat menggambarkan seperti apa kemenangan itu dan kapan akan datang, menurut jajak pendapat baru-baru ini.

Pesimisme tersebut sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa pengiriman bantuan telah melambat dalam beberapa bulan terakhir.

6. Pemilu Presiden Sangat Menentukan

Mampukah Ukraina Bertahan pada 2024 untuk Menang pada 2025?

Foto/AP

Analis Ukraina Chmut mengatakan banyak hal bergantung pada apakah para pemimpin Republik di Kongres AS menarik kembali penentangan mereka terhadap paket bantuan Ukraina.

Menteri Angkatan Darat AS Christine Wormuth mengatakan bahwa jika Kongres tidak meloloskan RUU Ukraina, hal itu akan "sangat merugikan bagi Ukraina, karena uang itu akan menjadi sumber amunisi tambahan bagi mereka."

Negara-negara Eropa juga perlahan-lahan mempercepat produksi senjata dan amunisi mereka — baik untuk dikirim ke Ukraina maupun untuk memperlengkapi pasukan mereka sendiri setelah bertahun-tahun diabaikan.

Namun, suasana di Ukraina suram — seperti yang terlihat pada Konferensi Keamanan Munich bulan ini, di mana optimisme gembira tahun lalu mengenai serangan balik yang berhasil digantikan oleh pesimisme masam.

Namun, bagi Jenderal Ben Hodges — mantan komandan Angkatan Darat AS di Eropa — fakta bahwa Ukraina mempertahankan pertahanan yang layak dan tetap teguh adalah alasan untuk bersikap positif. Ada "terlalu banyak kekalahan," katanya.

Pertama, jet tempur F-16 mulai berdatangan dalam beberapa bulan ke depan, membantu Ukraina bersaing untuk menguasai langit. Ada pula indikasi bahwa AS mungkin akan mengirim lebih banyak rudal balistik ATACMS, sementara Jerman berada di bawah tekanan untuk mengirimkan rudal jelajah Taurus yang kuat. Senjata semacam itu akan memungkinkan Ukraina untuk menyerang logistik dan pangkalan udara Rusia jauh di belakang garis depan, sehingga melemahkan kemampuannya untuk terus menyerang.

“Tunggu sebentar, perang ini telah berlangsung selama 10 tahun, Rusia memiliki banyak keuntungan, dan setelah 10 tahun mereka hanya menduduki 18 persen wilayah Ukraina," kata Hodges. "Mereka [telah] kehilangan setengah juta tentara, Armada Laut Hitam semakin memburuk dari hari ke hari, dan Angkatan Udara tidak mampu mencapai superioritas udara.”

Yang dibutuhkan, jelasnya, adalah komitmen yang jelas dari para pemimpin Barat — tidak hanya untuk tetap bersama Ukraina selama diperlukan, tetapi untuk mendukungnya dengan senjata yang dibutuhkannya untuk benar-benar memenangkan perang.

“Saya pikir Rusia sebenarnya dalam kondisi yang lebih buruk daripada yang kita duga,” kata Hodges.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)