Militer Ukraina Mengalami Banyak Kekalahan dan Kemunduran, Siapa Penyebabnya?

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 23:55 WIB
loading...
Militer Ukraina Mengalami...
Militer Ukraina mengalami banyak kekalahan dan kemunduran dalam perang melawan Rusia. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Vladimir Zelensky dari Ukraina dilaporkan telah mendapat "serangkaian kritik" dari tentaranya sendiri, anggota parlemen, dan analis militer setelah pasukan Rusia berhasil membuat kemajuan pesat di Donbass dan memukul mundur pasukan Kiev.

Menurut laporan Financial Times (FT), karena serangan Kiev ke Wilayah Kursk Rusia awal bulan ini, yang melibatkan penempatan kembali ribuan pasukan Ukraina yang paling tangguh dalam pertempuran, banyak pasukannya yang bertempur di Republik Rakyat Donetsk Rusia akhirnya kewalahan dan berjuang untuk mempertahankan posisi mereka.

Minggu ini, garis depan Ukraina di wilayah tersebut ditembus oleh pasukan Rusia yang telah mendekati kota Pokrovsk yang secara strategis penting di sebelah barat DPR, yang merupakan salah satu persimpangan rel kereta api dan jalan raya utama di wilayah tersebut. Frontelligence Insight, sebuah kelompok analisis Ukraina yang dikutip oleh FT, mengatakan bahwa hilangnya kota tersebut akan menjadi pukulan serius bagi logistik militer Ukraina.

Situasi terkini di tepi Pokrovsk telah digambarkan sebagai "kegagalan pertahanan total" bagi militer Ukraina, menurut Alexander Kovalenko, seorang analis militer di kelompok Perlawanan Informasi yang berpusat di Kiev.

Pakar militer lainnya, termasuk mereka yang berada dalam kelompok Deep State, yang dikatakan memiliki hubungan dengan kementerian pertahanan Ukraina, telah menggambarkan situasi di garis depan sebagai "kekacauan total," yang menyatakan bahwa pasukan Rusia telah maju lebih cepat di wilayah tersebut sejak Kiev melancarkan serangannya pada 6 Agustus dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.



Pasukan Kiev juga telah berbagi rasa frustrasi mereka dengan Zelensky dan para komandannya, dengan seorang prajurit yang dikutip oleh FT mengatakan bahwa ia "belum pernah melihat hal seperti ini" dan bahwa "semuanya hancur begitu cepat."

Zhenya, yang bertugas di Brigade Mekanik ke-93 Ukraina dan bertempur dalam pertempuran selama 10 bulan untuk merebut Artemovsk tahun lalu, dilaporkan memperingatkan bahwa "Pokrovsk akan jatuh jauh lebih cepat daripada Bakhmut," menurut media Inggris tersebut.

Sementara itu, Zelensky sendiri menggambarkan situasi di garis depan dekat Pokrovsk sebagai "sangat sulit." Komandan utamanya, Aleksandr Syrsky, juga mengakui bahwa langkah Kiev di Kursk telah gagal memaksa Rusia untuk mengalihkan pasukannya dari Pokrovsk, karena Moskow menolak untuk menerima umpan tersebut.

Menurut angka terbaru dari Kementerian Pertahanan Rusia, serangan Kiev telah menyebabkan Ukraina kehilangan lebih dari 7.800 personel, 75 tank, dan lebih dari 500 kendaraan lapis baja.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)