Perang Besar Israel-Hizbullah Pecah, Zionis Dihujani 320 Roket Katyusha

Minggu, 25 Agustus 2024 - 13:24 WIB
loading...
A A A
Menurut pernyataan dari kantor Netanyahu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant telah mengumumkan keadaan darurat di seluruh negeri selama 48 jam ke depan.

Menurut pernyataan tersebut, situasi khusus di garis depan, sebagaimana istilah resminya, memberikan Komando Garis Depan IDF kewenangan yang lebih luas untuk memberlakukan pembatasan terhadap penduduk sipil.

"IDF mengidentifikasi organisasi Hizbullah yang bersiap untuk menembakkan rudal dan roket ke wilayah Israel. Menanggapi ancaman ini, IDF menyerang target teror di Lebanon," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

"Jet tempur Angkatan Udara Israel (IAF) saat ini menyerang target milik organisasi Hizbullah yang menimbulkan ancaman langsung bagi warga Negara Israel.”

Sebagai tindakan pencegahan, Bandara Internasional Ben Gurion Israel mengumumkan penundaan dan pengalihan penerbangan Minggu pagi. Layanan darurat juga telah meningkatkan tingkat kesiagaan mereka, mengantisipasi potensi serangan skala besar dari Hizbullah.

Menanggapi meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut, Amerika Serikat mengatakan akan terus mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS Sean Savett mengatakan: "Atas arahan Presiden Joe Biden, pejabat senior AS telah berkomunikasi terus-menerus dengan rekan-rekan mereka di Israel. Kami akan terus mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri, dan kami akan terus bekerja untuk stabilitas regional."

Konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hizbullah telah menyaksikan pertukaran tembakan hampir setiap hari di perbatasan Israel-Lebanon sejak pecahnya perang Gaza pada bulan Oktober. Ketegangan terbaru ini telah meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya konflik skala penuh di Lebanon.

Eskalasi saat ini menyusul meningkatnya permusuhan yang dimulai setelah serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan pada 7 Oktober tahun lalu, yang mengakibatkan kematian hampir 1.200 orang, yang sebagian besar adalah warga sipil.

Kampanye militer Israel berikutnya di Gaza telah menyebabkan kematian lebih dari 40.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)