Giliran Dubes AS Kutuk Serangan Houthi Terhadap Fasilitas Minyak Saudi

Minggu, 15 September 2019 - 03:27 WIB
Giliran Dubes AS Kutuk Serangan Houthi Terhadap Fasilitas Minyak Saudi
Giliran Dubes AS Kutuk Serangan Houthi Terhadap Fasilitas Minyak Saudi
A A A
RIYADH - Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Arab Saudi mengutuk serangan drone terhadap fasilitas minyak Saudi pada hari Sabtu. Serangan yang disebut sebagai aksi yang tidak bisa diterima itu, diklaim dilakukan oleh kelompok pemberontak Yaman Houthi.

“AS mengecam keras serangan drone hari ini terhadap fasilitas minyak di Abqaiq dan Khurais. Serangan-serangan terhadap infrastruktur kritis ini membahayakan warga sipil, tidak dapat diterima, dan cepat atau lambat akan mengakibatkan nyawa tak berdosa hilang,” kata misi diplomatik AS mengutip Duta Besar John Abizaid seperti dilansir dari Reuters, Minggu (15/9/2019).

Sebelumnya sekutu AS, Inggris juga mengutuk serangan pesawat tak berawak kelompok Houthi terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Inggris pun menyatakan bahwa kelompok pemberontak Yaman itu harus berhenti menargetkan infrastruktur sipil dan komersil Saudi.

Kelompok Houthi menyerang dua pabrik di jantung industri minyak Arab Saudi, termasuk fasilitas pemrosesan minyak bumi terbesar di dunia, dalam sebuah serangan dini hari yang oleh beberapa sumber dikatakan telah mengganggu produksi dan ekspor.

Serangan itu dilancarkan di provinsi Abqaiq dan Khura. Abqaiq, 60 km (37 mil) sebelah barat daya Dhahran, Arab Saudi, terdapat pabrik pemrosesan minyak terbesar di dunia. Sedangkan Khurais, 190 km di wilayah barat daya negara tersebut, memiliki ladang minyak terbesar kedua di Saudi. (Baca juga: Diserang 2 Pesawat Nirawak, Dua Pabrik Aramco Saudi Terbakar )
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3684 seconds (0.1#10.140)