Houthi Klaim Tembak Jatuh Drone AS Dekat Perbatasan Saudi

loading...
Houthi Klaim Tembak Jatuh Drone AS Dekat Perbatasan Saudi
Kelompok milisi Houthi di Yaman mengkalim sukses menembak jatuh sebuah pesawat tanpa awak atau drone milik militer AS di dekat perbatasan Yaman dan Arab Saudi. Foto/REUTERS
A+ A-
SANAA - Kelompok milisi Houthi di Yaman mengkalim sukses menembak jatuh sebuah pesawat tanpa awak atau drone milik militer Amerika Serikat (AS). Houthi mengatakan, drone itu ditembak jatuh di dekat perbatasan Yaman dan Arab Saudi.

"Pertahanan udara dapat menembak jatuh pesawat mata-mata AS, RQ-20, di atas distrik Haradh di lepas Jizan dengan rudal," kata Houthi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (3/8/2020).

(Baca juga: Kerusakan Hebat di Bolsel, Bantuan Terpaksa Disalurkan lewat Laut)

Koalisi Arab pimpin Saudi, yang melancarkan serangan besar-besaran terhadap Houthi, sejauh ini belum memberikan komentar apapun mengenai klaim yang disampaikan kelompok tersebut.



Seperti diketahui, Koalisi Arab telah melakukan serangan udara terhadap Houthi atas permintaan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional sejak Maret 2015 lalu. Sebagai tanggapan, Houthi menyerang daerah perbatasan Saudi.

Bulan lalu, dua rudal balistik dan enam drone bersenjata diluncurkan Houthi dan ditargetkan terhadap wilayah Saudi. Semua senjata itu berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Riyadh.

(Baca juga: Hampir Seribu ASN Kena Corona, MPR Minta Protokol Kesehatan Diperketat)



Juru bicara Koalisi Arab, Kolonel Turki al-Maliki mengatakan dua rudal dan enam drone diluncurkan oleh milisi Houthi ke Saudi dengan cara yang disengaja untuk menargetkan warga sipil dan infrastruktur sipil.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top