Apa yang Melatarbelakangi Kerusuhan Anti-Muslim di Seluruh Inggris? Ini Analisanya

Kamis, 15 Agustus 2024 - 09:01 WIB
loading...
Apa yang Melatarbelakangi...
Kerusuhan anti-Muslim yang pecah di seluruh Inggris dipicu oleh penyebaran informasi yang salah oleh aktivis sayap kanan. Foto/Jonathan McCambridge/PA via AP
A A A
LONDON - Inggris telah diguncang oleh kekerasan selama seminggu terakhir saat massa yang meneriakkan slogan-slogan anti-imigran dan Islamofobia bentrok dengan polisi.

Kerusuhan tersebut dipicu oleh aktivis sayap kanan yang menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi yang salah tentang serangan pisau yang menewaskan tiga gadis selama acara dansa bertema Taylor Swift.

Kekerasan tersebut, yang merupakan salah satu yang terburuk di Inggris dalam beberapa tahun terakhir, telah menyebabkan ratusan orang ditangkap karena pemerintah berjanji bahwa para perusuh akan merasakan "kekuatan hukum penuh" setelah melemparkan batu bata dan proyektil lainnya ke polisi, menjarah toko-toko, dan menyerang hotel-hotel yang digunakan untuk menampung para pencari suaka.



Saat pemerintah baru Inggris berjuang untuk meredakan kerusuhan dan mengumumkan "pasukan tetap" polisi spesialis untuk menangani kerusuhan, berikut ini adalah gambaran tentang apa yang terjadi dan mengapa.

Kapan Kekerasan Dimulai?


Orang-orang di seluruh Inggris dikejutkan oleh apa yang polisi gambarkan sebagai "serangan pisau yang ganas" yang menewaskan tiga gadis berusia antara 6 dan 9 tahun pada 29 Juli di Southport, kota tepi laut di utara Liverpool. Delapan anak-anak lainnya dan dua orang dewasa terluka.

Polisi menahan seorang tersangka berusia 17 tahun. Rumor yang kemudian dibantah dengan cepat beredar di media sosial bahwa tersangka adalah pencari suaka, atau imigran Muslim.

Keesokan harinya, saat orang-orang berkumpul untuk saling menghibur dan meletakkan bunga di lokasi tersebut, ratusan pengunjuk rasa menyerang sebuah masjid setempat dengan batu bata, botol, dan batu.

Polisi mengatakan para perusuh itu "diyakini sebagai pendukung Liga Pertahanan Inggris," sebuah kelompok sayap kanan yang telah mengorganisir protes anti-Muslim sejak 2009.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)