Cegah Kerusuhan Anti-Islam Meledak Kembali, Raja Charles Serukan Persatuan

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 12:30 WIB
loading...
Cegah Kerusuhan Anti-Islam...
Raja Charles III menyerukan persatuan rakyat Inggris. Foto/EPA
A A A
LONDON - Raja Inggris Charles III sudah berbicara kepada PM Inggris dan kepala polisi tentang gelombang kekacauan. Dia memuji cara "semangat komunitas" dan "belas kasih" dalam melawan "agresi dan kriminalitas" yang ditunjukkan selama kerusuhan.

Istana Buckingham mengungkapkan, Raja Charles telah melakukan percakapan telepon pada Jumat malam dengan Perdana Menteri Sir Keir Starmer dan kepala polisi. "Dia menyampaikan terima kasih yang tulus kepada polisi dan layanan darurat atas semua yang mereka lakukan untuk memulihkan perdamaian di daerah-daerah yang telah terkena dampak kekacauan kekerasan", kata seorang juru bicara istana, dilansir BBC.

Dalam seruan untuk persatuan, Raja Charles berharap bahwa "nilai-nilai bersama berupa rasa saling menghormati dan pengertian akan terus memperkuat dan menyatukan bangsa".

Dalam panggilan telepon bersama lainnya, Raja berbicara kepada Kepala Polisi Gavin Stephens, ketua Dewan Kepala Polisi Nasional, dan Ben Harrington, Kepala Polisi Essex, berterima kasih kepada polisi atas upaya mereka dan mendapatkan informasi terkini tentang protes tersebut.

"Raja menyampaikan betapa ia sangat terdorong oleh banyaknya contoh semangat komunitas yang telah melawan agresi dan kriminalitas dari beberapa orang dengan belas kasih dan ketahanan banyak orang," kata seorang juru bicara istana.

Ada pertanyaan tentang apakah Raja akan berbicara tentang kerusuhan tersebut - dan sebagai raja yang netral secara politik, ia telah menyerahkan tanggapan awal kepada para menteri.

Namun, Raja memiliki rekam jejak panjang dalam upaya membangun jembatan antara berbagai agama dan budaya - dengan menyebut Inggris sebagai "komunitas dari berbagai komunitas".

Dan terhadap perpecahan yang terungkap selama kerusuhan ini, ia telah menyampaikan pandangannya, menyerukan toleransi dan "saling menghormati dan memahami". Ia disebut-sebut terlibat dalam upaya di balik layar untuk menyatukan masyarakat yang terdampak kerusuhan, selama liburan musim panasnya di Skotlandia, di tahun saat ia dirawat karena kanker.

Namun, Raja diperkirakan tidak akan segera mengunjungi tempat-tempat yang bermasalah hingga kerusuhan berakhir, dengan tanggapan terhadap protes dianggap sebagai tanggung jawab pemerintah.

Hal ini mengikuti pola yang terlihat setelah pecahnya kerusuhan pada tahun 2011, saat Ratu Elizabeth tidak mengeluarkan pesan apa pun, tetapi kunjungan kerajaan dilakukan setelah ketenangan dipulihkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)