5 Alasan Dataran Tinggi Golan Jadi Titik Konflik Abadi di Timur Tengah

Senin, 29 Juli 2024 - 09:10 WIB
loading...
A A A
Setelah mencaplok Golan, Israel memberi Druze pilihan kewarganegaraan, tetapi sebagian besar menolaknya dan masih mengidentifikasi diri sebagai warga Suriah. Sekitar 20.000 pemukim Israel lainnya juga tinggal di sana, banyak dari mereka bekerja di pertanian dan pariwisata.

3. Suriah Ingin Kembali Merebut Golan

5 Alasan Dataran Tinggi Golan Jadi Titik Konflik Abadi di Timur Tengah

Foto/EPA

Sebelum pecahnya perang saudara di Suriah pada tahun 2011, ada pertikaian yang tidak mudah antara pasukan Israel dan Suriah yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad.

Namun pada tahun 2014 pemberontak Islam antipemerintah menyerbu provinsi Quneitra di sisi Suriah. Pemberontak memaksa pasukan Assad untuk mundur dan juga menyerang pasukan PBB di daerah tersebut, memaksa mereka untuk mundur dari beberapa posisi mereka.

Daerah tersebut tetap berada di bawah kendali pemberontak hingga musim panas tahun 2018, ketika pasukan Assad kembali ke kota Quneitra yang sebagian besar telah hancur dan daerah sekitarnya setelah serangan yang didukung Rusia dan kesepakatan yang memungkinkan pemberontak untuk mundur.


4. Pasukan Perdamaian PBB Hadir di Golan

5 Alasan Dataran Tinggi Golan Jadi Titik Konflik Abadi di Timur Tengah

Foto/EPA

Melansir Reuters, Pasukan Pengamat Pelepasan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDOF) ditempatkan di kamp-kamp dan pos-pos pengamatan di sepanjang Golan, didukung oleh pengamat militer dari Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNTSO).

Di antara tentara Israel dan Suriah terdapat "Area Pemisahan" seluas 400 km persegi (155 mil persegi) - yang sering disebut zona demiliterisasi - di mana pasukan militer kedua negara tidak diizinkan berdasarkan pengaturan gencatan senjata.

Perjanjian Pemisahan Pasukan pada tanggal 31 Mei 1974 menciptakan Garis Alfa di sebelah barat area pemisahan, yang di belakangnya pasukan militer Israel harus tetap berada, dan Garis Bravo di sebelah timur.

Terbentang sejauh 25 km di luar "Area Pemisahan" di kedua sisi adalah "Area Pembatasan" yang memiliki pembatasan jumlah pasukan dan jumlah serta jenis senjata yang dapat dimiliki kedua belah pihak di sana.

Ada satu titik persimpangan antara pihak Israel dan Suriah, yang hingga perang saudara Suriah pecah pada tahun 2011 digunakan terutama oleh pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa, sejumlah kecil warga sipil Druze, dan untuk transportasi hasil pertanian.

5. Dataran Tinggi yang Strategis

5 Alasan Dataran Tinggi Golan Jadi Titik Konflik Abadi di Timur Tengah

Foto/EPA
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)