Jenderal NATO Klaim Ukraina Memiliki Strategi Perang yang Hebat

Minggu, 21 Juli 2024 - 16:05 WIB
loading...
Jenderal NATO Klaim...
Jenderal NATO klaim Ukraina memiliki strategi perang yang hebat. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kepala Komando Eropa NATO , Christopher Cavoli, menggambarkan kekalahan Ukraina di garis depan hanya sebagai tanda bahwa mereka sedang “menghasilkan kekuatan” untuk melakukan serangan lebih lanjut.

Dalam pidatonya di Forum Keamanan Aspen di Colorado, Amerika Serikat, jenderal utama blok tersebut mengatakan bahwa strategi militer Kiev secara keseluruhan “hebat” dalam hal menyeimbangkan perekrutan, pelatihan, dan pengadaan senjata.

Menurut Cavoli, dalam peperangan modern, seseorang “menang dengan cepat dan dimuka” atau terjebak “untuk kerja keras yang panjang dan penuh liku-liku yang tidak dapat diprediksi,” seperti yang terjadi dalam konflik Ukraina.

“Sebagian besar hal ini akan tergantung pada kemampuan pembangkitan kekuatan, pihak mana yang dapat menghasilkan kekuatan paling cepat dan memanfaatkannya selagi mereka memiliki peluang,” katanya, seraya mengatakan bahwa inilah yang telah dilakukan Kiev selama beberapa bulan terakhir.



“Saya pikir mereka punya strategi yang hebat. Ini hanya soal mengadilinya,” katanya, seraya menekankan bahwa pembentukan kekuatan, atau mencari cara terbaik untuk menggunakan orang, pelatihan, dan senjata, adalah kunci untuk mengamankan kemenangan. Dia memuji upaya mobilisasi Kiev baru-baru ini dan mengatakan bahwa pengiriman senjata dari Barat juga “berjalan dengan baik.”

Sebaliknya, pemerintah Ukraina berulang kali menyalahkan kurangnya pasokan senjata Barat sebagai penyebab kegagalan pasukannya di medan perang. Dalam perjalanannya ke Inggris, Menteri Luar Negeri Ukraina Vladimir Zelensky awal pekan ini secara terbuka menyesalkan kepada BBC bahwa negara-negara Barat masih belum mengirimkan satu pun F-16 dari puluhan unit yang mereka janjikan untuk disuplai. Awal bulan ini, dia juga mengatakan bahwa Kiev memiliki pasukan yang bersiaga namun tidak dapat berperang karena mereka menunggu untuk dipersenjatai.

Laporan dari lini depan juga bertentangan dengan jaminan Cavoli. Pasukan Ukraina menghadapi kesulitan dan dipukul mundur di banyak titik di sepanjang garis depan oleh pasukan Rusia. Beberapa kemajuan yang dicapai Kiev selama 'serangan balasan' yang banyak digembar-gemborkan namun akhirnya gagal pada tahun lalu, sebagian besar telah berbalik arah.

Bahkan para pendukung Kiev di Barat meragukan kemampuannya untuk menang melawan Rusia. Menurut laporan New York Times awal bulan ini yang mengutip para pejabat AS, banyak orang di Barat percaya bahwa “hampir mustahil” bagi Ukraina untuk memenangkan kembali seluruh wilayah yang telah hilang, karena kekuatan mereka sudah “terlalu sedikit.”

Rusia mengatakan bahwa bantuan asing dalam jumlah berapa pun tidak dapat mengubah hasil konflik, dan campur tangan Barat hanya akan memperpanjang permusuhan. Presiden Rusia Vladimir Putin bulan lalu menyatakan bahwa ia akan memerintahkan gencatan senjata dan memulai perundingan dengan Ukraina segera setelah Ukraina berjanji untuk tidak menjadi anggota NATO dan menarik pasukannya dari wilayah yang diklaim oleh Moskow.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)