4 Fakta Kota Hodeidah di Yaman yang Diserbu Israel, Salah Satunya Dijuluki Kota Benteng

Minggu, 21 Juli 2024 - 14:55 WIB
loading...
4 Fakta Kota Hodeidah...
Israel menyerang Hodeidah di Yaman sebagai aksi balas dendam. Foto/Reuters
A A A
SANAA - Israel melancarkan serangan besar-besaran ke kota Hodeidah di Yaman yang mengakibatkan beberapa orang meninggal.

Sebuah postingan di akun resmi X Israel mengklaim bahwa pelabuhan Hodeidah masih terbakar lebih dari 12 jam setelah terkena serangan udara Israel.

"Serangan tersebut menargetkan sekitar 20 tangki penyimpanan minyak di dalam dan dekat pelabuhan dan sepenuhnya menutup kemampuan pelabuhan untuk menerima barang dengan menyerang derek dan peralatan lainnya," kata Doron Kadosh, koresponden Radio Angkatan Darat Israel, dalam sebuah posting di X.

Media yang berafiliasi dengan Houthi sebelumnya melaporkan bahwa pasukan pertahanan sipil dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api, menurut Reuters.

4 Fakta Kota Hodeidah di Yaman yang Diserbu Israel, Salah Satunya Dijuluki Kota Benteng

1. Kota Pelabuhan Utama di Yaman

Melansir Britannica, Hodeidah, kota, Yaman barat. Kota ini terletak di dataran pantai Tihāmah yang berbatasan dengan Laut Merah. Ini adalah salah satu pelabuhan utama di negara ini dan memiliki fasilitas modern.

2. Kota Penting Saat Masa Kejayaan Islam

Hodeidah, pertama kali disebutkan dalam sejarah Islam pada tahun 1454/55, menjadi penting pada tahun 1520-an ketika Tihāmah Yaman direbut oleh Ottoman. Pada abad-abad berikutnya, kota ini menggantikan Mocha (Al-Mukhā) sebagai pelabuhan utama negara tersebut. Di bawah kekuasaan Utsmaniyah hingga tahun 1918, Hodeidah menjadi tempat pendaratan upaya Utsmaniyah berturut-turut untuk merebut kendali penuh atas Imamah Yaman dari penguasa tradisionalnya (pendudukan Utsmaniyah pertama, dimulai tahun 1849; pendudukan kedua, 1872–1918).

Selama Perang Italia-Utsmaniyah tahun 1911–1912, kota ini dibom oleh kapal perang Italia yang berada di lepas pantai. Setelah Perang Dunia I, Inggris yang menang menyerahkan Hodeidah dan Tihāmah Yaman kepada penguasa Idrīsī di Asir, di utara, namun wilayah tersebut direbut kembali oleh Yaman pada tahun 1925. Pemberontakan yang dipicu oleh Yaman di Asir (yang saat itu merupakan bagian dari Arab Saudi) pada tahun 1934 menyebabkan pendudukan Saudi di Hodeidah.

Perjanjian Al-Ṭāʾif tahun itu mengembalikan kota dan Tihāmah Yaman ke Yaman; yang terakhir, pada gilirannya, mengakui kepemilikan Asir oleh Arab Saudi. Kota ini merupakan pusat pemerintahan semiotonom di bawah salah satu putra imam (pemimpin) Yaman hingga proklamasi republik dan perang saudara berikutnya (1962–70).


3. Dikenal sebagai Kota Benteng

Kota tua Hodeidah yang indah, dikelilingi oleh tembok tebal, merupakan ciri khas kota-kota besar di Yaman, dengan tempat tinggal bertingkat yang dihias dengan rumit. Dengan bagian terluarnya, Hodeidah tradisional membentang di sepanjang pantai Laut Merah sekitar satu mil. Pada tahun 1970-an banyak bangunan modern juga telah dibangun.

Pelabuhan tua di lokasi kota merupakan jalan terbuka; kapal harus menurunkan muatannya ke kapal kecil dan korek api. Jika pelabuhan baru dapat menampung beberapa kapal berbobot 10.000 ton sekaligus, kapasitas pelabuhan lama diperkirakan hanya 100–150 ton per hari. Silo biji-bijian dibangun di pelabuhan baru untuk mengamankan penyimpanan pasokan biji-bijian bagi penduduk. Faktor lain dalam perkembangan kota ini adalah pembukaan (juga pada tahun 1961) jalan yang lebih baik untuk segala cuaca dari sana ke Sanaa, ibu kota negara. Jalan ini dibangun oleh insinyur China. Jalan baru lainnya, menuju kota pedalaman Taʿizz, dibangun oleh Soviet dan Jerman Barat.

4. Pusat Perdagangan Yaman

Melansir Britannica, pelabuhan di kota tersebut menangani banyak impor dan ekspor Yaman. Impor mencakup bahan makanan mentah dan olahan, mesin dan barang logam, serta barang konsumsi. Ekspor utama adalah kopi, kapas, khat (stimulan ringan yang digunakan secara luas di Timur Tengah dan Afrika Timur), serta kulit binatang.

Selain aktivitas pelabuhan kota dan pentingnya kota ini sebagai pusat perdagangan lokal, terdapat sedikit aktivitas ekonomi. Pabrik pemintalan kapas kecil dan pabrik minuman ringan sedang beroperasi. Sebuah lapangan terbang berada di utara kota; layanan dipertahankan ke Sanaa, Taʿizz, dan Aden.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)