alexametrics

China Tidak akan 'Izinkan' Pemimpin Hong Kong Mundur

loading...
China Tidak akan \Izinkan\ Pemimpin Hong Kong Mundur
Seorang pejabat Hong Kong mengatakan, China tidak akan membiarkan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengundurkan diri dari jabatannya. Foto/Reuters
A+ A-
HONG KONG - Seorang pejabat Hong Kong mengatakan, China tidak akan membiarkan Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengundurkan diri dari jabatannya. Dalam beberapa pekan terakhir, aksi demonstrasi besar-besaran terjadi di Hong Kong menuntut pencabutan RUU ekstradisi ke China dan Lam untuk mundur.

Pejabat yang berbicara dalam kondisi anonim itu mengatakan, meskipun Lam ingin mundur dari posisinya saat ini, dia tidak akan pernah mendapatkan lampu hijau dari Bejing untuk melakukanya.

"Meskipun adanya kemarahan dari publik, dia (Lam) tidak mungkin mundur. Itu tidak akan pernah terjadi," kata pejabat tersebut, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (17/6).



"Dia ditunjuk oleh pemerintah pusat, jadi bagi dia untuk mundur memerlukan tingkat diskusi dan pertimbangan yang sangat tinggi di tingkat daratan," sambungnya, merujuk pada China.

Dirinya lalu menuturkan, mundurnya Lam hanya akan memperburuk krisis bagi Beijing. "Itu akan menciptakan lebih banyak masalah daripada menyelesaikannya, di semua tingkatan," tukas pejabat tersebut.
Setidaknya dua juta orang memenuhi jalanan pusat kota Hong Kong untuk menutut Lam mundur dari jabatannya. Desakan ini menguat justru setelah Lam menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Hong Kong dan berjanji untuk memperbaiki pelayanan dan mendengarkan setiap kritikan yang masuk.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak